Nggak Mau Sehat? Jangan Bangun Pagi!

Apakah Sobat sering bangun siang, bahkan sore hari? Mungkin ini disebabkan karena kebiasaan atau begadang di malam hari mengerjakan tugas kuliah atau tugas kantor. Melepas kebiasaan bangun siang atau begadang memang tidak mudah, namun tahukan bangun kita terasa bugar dan fit sepanjang hari.

Mau tahu apa saja manfaat bangun di pagi hari ?

1.  Menjadi manusia yang produktif

Penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun pagi memiliki banyak tenaga. Tenaga yang diperlukan di pagi hari haruslah lebih banyak karena menyiapkan pekerjaan.  Dengan bangun pagi manusia lebih memiliki waktu untuk merenung dan berkonsentrasi. Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk bekerja.  Sehingga apa yang dikerjakan dari pagi sampai malam hari akan lebih banyak dan menjadikan manusia yang produktif.

2.  Paparan Sinar Matahari yang menyehatkan

Matahari baik untuk kulit dan kesehatan tubuh. Apalagi matahari pagi baik untuk kulit dan mengandung vitamin D. Vitamin D yang kita dapatkan dari matahari secara cuma-cuma memang tidak boleh dilewatkan. Matahari juga berguna untuk meningkatkan pernafasan karena jumlah gilkogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari. Tak hanya itu, terapi matahari juga bertujuan untuk membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Ada beberapa penyakit yang dapat di basmi oleh sinar ultraviolet ini diantaranya : TBC, keracunan darah pneumonia  dan asma. Matahari juga dapat menambah kekebalam tubuh.

3.  Sempat Sarapan

Sobat nggak terbiasa dengan sarapan? Ada baiknya sarapan dulu deh sebelum berangkat bekerja. Dengan sarapan pagi dapat menambah energi  tubuh dan otak. Bila sarapan menyehatkan tubuh, mengapa harus dilewatkan?

4.  Mental lebih sehat dan positif

Ingin memiliki mood yang baik untuk bekerja. Caranya dengan bangun pagi. Orang yang bangun pagi lebih optimis dan pantang menyerah. Orang yang bangun di pagi hari lebih berpikir positif karena darah dari otak ke jantung juga lancar.

5.  Mengusir Stress

Loh, apa kaitannya bangun pagi dengan Stress? Dengan 4 manfaat di atas yang sudah dijelaskan yakni menjadi manusia yang produktif, mendapatkan paparan sinar matahari yang menyehatkan, sarapan pagi, dan mental  lebih sehat dan positif, maka orang yang bangun pagi dapat menghilangkan stres. Aliran di dalam tubuh pun berjalan dengan lancar, pikiran menjadi lebih fresh.

Tentunya apabila ingin bangun pagi, diperlukan jam tidur yang ideal. Tidak boleh begadang. Bila perlu menyiapkan persiapan kerja di malam hari. Tidur juga harus mendapat perhatian penting bagi semua kalangan. Jam tidur dengan bangun pagi harus seimbang, jangan sampai sudah begadang tetapi seharian tidak tidur. Tidur juga banyak memilki manfaat yang banyak. Diantaranya: tetap menjaga jantung tetap sehat, mencegah kanker, mengurangi stress, membuat lebih siaga, lebih pintar, meningkatkan memori dan tentunya memperbaiki bagian-bagian yang rusak dalam tubuh.

Jadi, setelah membaca artikel ini, apakah akan membuat Sobat berjuang lebih pagi untuk bangun? Mau panjang umur dan tetap berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi? Pilihan hidup sehat ada di tangan kita. Ayo Bangun Pagi! ^^

Sumber : Annida online wakeuplate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s