Menjadi Profesional Muda

LP3i_1

Anda ingin menjadi profesional? Satu syarat yang harus dipenuhi adalah Anda mempunyai kepandaian khusus. Dengan melakukan kepandaian khusus tersebut nantinya Anda akan mendapatkan penghasilan.
Seorang profesional muda, tak harus bekerja pada sebuah perusahaan orang lain. Anda sebenarnya juga bisa meniti karir secara personal atau membuka perusahaan minimalis namun bisa diandalkan. Contoh nyata misalnya membuka jasa konsultan. Entah itu konsultan media, public relations, hukum, marketing online, programmer, desainer dsb.

Perhatikan Jika Anda Ingin Menjadi Profesional Muda
Untuk menjadi Profesional Muda yang bisa bersaing. Bisa diandalkan untuk membantu pihak lain (klien), baik itu personal maupun perusahaan tertentu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Anda harus mempunyai kepandaian khusus yang bisa diandalkan. Bisa jadi kepandaian khusus ini Anda dapatkan melalui jenjang perguruan tinggi (universitas). Namun bisa pula didapatkan dengan cara berlatih secara terus menerus sehingga Anda layak disebut “Suhu” atau pakar. Inilah modal utama Anda.
2. Pergunakan jaringan. Jaringan (networking) ini adalah sarana untuk mendapatkan informasi tentang pihak-pihak lain yang memerlukan jasa Anda. Langkah pertama-tama tentu mulai dari membangun jaringan dari orang-orang terdekat.
Jika sudah didapatkan dan Anda misalnya memperoleh proyek dari mereka, langkah selanjutnya adalah meminta rekomendasi kira-kira personal atau perusahaan mana yang cukup potensial untuk Anda sasar, untuk dibantu dengan keahlihan yang Anda miliki. Cara ini sangat ampuh untuk menggaet klien-klien baru sehingga pemasukan Anda juga akan meningkat.
3. Kemampuan berbahasa. Tentu saja, selain Bahasa Indonesia yang mesti dipergunakan dengan komunikatif, tak kalah ketinggalan adalah kemampuan berbahasa asing, terutama adalah Bahasa Inggris. Hal ini penting karena bahasa ini telah dipergunakan sebagai bahasa internasional.
Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang cukup, Anda tentu mempunyai peluang lebih untuk menggaet perusahaan-perusahaan asing. Dengan demikian ekspansi usaha jasa profesional Anda juga akan meningkat. Otomatis pendapatan Anda juga akan naik.
4. Personal Branding. Yaitu mengenalkan dan menaikkan citra diri Anda pada dunia kerja. Salah satunya dibangun melalui dunia maya (internet). Anda bisa memulainya dengan membangun sebuah blog (jurnal online), website atau bergabung dengan berbagai situs jejaring sosial seperti facebook atau twitter yang saat ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Lewat media tersebut, Anda bisa mengenalkan produk jasa, bagaimana kerja-kerja yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain, metode pembayaran, keuntungan-keuntungan menggunakan jasa Anda, dan lain-lain.
5. Menjaga Reputasi. Reputasi terkait dengan nama baik dan perusahaan layanan jasa Anda. Tentu hal ini sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan yang menggunakan jasa Anda. Satu pokok yang mesti dipahami dalam soal reputasi ini adalah melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan.
Jika terdapat permasalahan atau kekurang-puasan pelanggan, langkah yang mesti diambil pertama-tama adalah komunikasi yang baik, setelah itu memberikan semacam “ganti rugi” jika memang pelanggan kurang puas. Dengan mempertimbangkan hal ini, reputasi Anda akan terjaga dan kembali mendapatkan kepercayaan publik di dunia kerja.

Inilah beberapa kiat-kiat bagi Anda yang akan memulai karir sebagai profesional muda. Orang-orang dengan kemampuan masing-masing dalam berkarya, serta membantu orang lain yang membutuhkan layanan jasa tertentu.

Lantas dengan bekerja semacam inilah Anda akan mendapatkan penghasilan yang layak dan memadai. Sesuai dengan standar kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Langkah Menjadi Seorang Professional

Mau jadi profesional muda atau tua, Anda harus memiliki integritasnya seorang profesional, integritas yang macam apa? Yakni yang tekun dan tidak menyerah. Ketika bekerja di kantor, coba mengapa ada beberapa karyawan yang dianggap lebih dapat dipercaya dan dapat diandalkan daripada yang lain?

Mengapa ketika promosi diumumkan, mereka adalah orang-orang yang menjadi manajer? Jelas, orang-orang ini memiliki sesuatu yang orang lain tidak punya. Profesionalisme, adalah apa yang memberi mereka keunggulan atas karyawan lainnya!

Orang yang dianggap profesional yang baik yang dihormati, dianggap lebih cerdas dan sadar dibandingkan dengan karyawan lainnya. Jadi, untuk semua orang yang ingin promosi dalam pekerjaan mereka, sangat penting bahwa mereka menanamkan karakteristik profesionalisme dalam diri mereka sendiri. Yang diantaranya :

1. Manajemen Waktu. Seorang karyawan dianggap seorang profesional menyeluruh jika dia tahu bagaimana mengatur waktu dengan baik. Datang ke kantor tepat waktu setiap hari, berada di waktu untuk semua pertemuan kantor, menelpon dan menginformasikan manajer, kalau-kalau dia berpikir bahwa dia akan terlambat, ini semua ciri-ciri seorang profesional yang baik.
2. Smart Office Attire. Dikatakan bahwa kesan pertama Anda adalah yang terakhir. Pergi dengan aturan ini, seorang karyawan harus membuat sebuah titik untuk berdandan dengan pakaian bersih yang telah disetrika dengan benar. Mengenakan pakaian yang bekerja tepat sangat diperlukan. Celana, rok formal, kemeja putih bersih, kulit sepatu dan tas kulit – ini adalah harus memiliki item dalam lemari profesional.
3. Keterampilan Berorganisasi. Seorang karyawan harus menjaga area kerja nya tetap trapi dan bersih. File-nya, dokumen, segala sesuatu harus pada tempatnya. Dalam kasus dia harus membuat presentasi, semuanya harus siap terlebih dahulu sehingga tidak ada penundaan atau meraba-raba di depan karyawan lainnya.
4. Soft Skills. Tidak ada yang bahkan dapat berpikir untuk mencapai sukses di dunia korporasi saat ini jika mereka tidak memiliki soft skill. Menjadi sopan kepada bawahan serta senior, menggunakan kata-kata yang tepat dan kosa kata untuk berkomunikasi, menghormati pendapat lain dan sudut pandang, ini adalah kualitas yang seorang karyawan idealnya harus menampilkan.
5. Komunikasi. Karena sebagian besar pekerjaan di dunia usaha saat ini melibatkan kondisi bekerja di dalam tim, seorang profesional harus memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. Keterampilan komunikasi berarti kemampuan untuk berbicara serta mendengarkan. Dengan menanamkan komunikasi yang terbuka dan konstruktif, seorang profesional bisa mendapatkan banyak hal yang dilakukan.
6. Sikap Positif. “Ini adalah sikap yang menentukan ketinggian Anda”. Ini adalah wajib bagi semua profesional untuk mempertahankan sikap optimis saat bekerja. Para karyawan lebih positif atau manajer adalah, semakin besar kemungkinan adalah bahwa hasil dari pekerjaan mereka akan menjadi positif. Seorang pegawai profesional adalah orang yang tidak retak di bawah tekanan dan mempertahankan eksterior tenang, bahkan dalam situasi terburuk.
7. Perilaku Etis. Etika profesi membentuk bagian utama dari menjadi seorang profesional hari ini. Bekerja di sebuah organisasi sama sekali tidak berarti bahwa seorang karyawan harus membabi buta mengikuti dan melakukan apa yang diharapkan darinya. Jika seorang karyawan merasa bahwa dengan bekerja dengan cara tertentu, kejujuran dan integritas sedang dikompromikan, etika profesional mengatakan bahwa ia harus tahu kapan harus meletakkan kaki ke bawah dan berdiri untuk dirinya sendiri.
8. Fokus. Untuk menjadi sukses di dunia usaha, dua hal yang paling penting adalah fokus dan kerja keras. Seorang profesional harus sangat jelas pada tujuan individu bahwa ia diharapkan untuk mencapai tujuan serta kelompok tersebut bahwa dia harus berkontribusi. Seorang karyawan yang bekerja dengan pola pikir yang benar, bekerja dengan dedikasi dan mencapai tujuan-tujuan ini dianggap seorang profesional menyeluruh.
9. Handal dan Akuntabel. Ini adalah keunggulan dari seorang profesional sejati. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan yang handal dan dapat dipercaya untuk melakukan pekerjaan penting dalam organisasi. Jika seorang karyawan mengambil kredit untuk semua pekerjaan dilakukan dengan baik, ia harus siap untuk mengambil pekerjaan yang belum selesai. Mengambil tanggung jawab atas kegagalan dan mencoba untuk menyelesaikan masalah, daripada menyalahkan orang lain, itulah apa yang diharapkan dari seorang profesional.

Tidak ada yang lahir seorang profesional apalagi mendapat julukan profesional muda. Orang belajar dan mengembangkan diri saat mendapatkan pengalaman kerja. Satu hal yang pasti sekalipun, ini memang batu loncatan di tangga menuju sukses! (Sumber: anneahira.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s