10 Tips Menjadi Profesional Muda

Kebanyakan fresh graduate yang memulai suatu pekerjaan akan mencari jalan terbaik dan paling tepat untuk membangun karier mereka. Banyak di antara para lulusan baru ini juga berganti karier karena tidak nyaman di pekerjaan sebelumnya.

Semua itu tidak salah. Sebab, setiap orang punya jalan berbeda untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan. Meski demikian, Anda sebaiknya selalu bersikap profesional pada setiap jalan karier yang Anda tempuh.

Berikut 10 tips bagi para profesional muda, seperti dilansir Forbes, Jumat (20/6/2014).

1. Selalu tunjukkan rasa terima kasih
Jika seseorang berbuat baik atau membantu Anda, selalu luangkan waktu untuk menyampaikan rasa terima kasih Anda melalui surat, email, pesan singkat atau ucapan langsung dan sebuah senyuman.

2. Hidup terus berjalan
Apakah Anda menjalani arah karier yang bagus atau mengalami kesulitan di pekerjaan, hidup terus berjalan. Jadi, selain selalu bersyukur di saat semuanya baik, Anda juga harus bersyukur ketika menghadapi saat-saat sulit.

3. Jangan meminta orang lain membuat keputusan untuk Anda
Anda adalah orang yang paling tahu apa yang paling Anda butuhkan. Ambillah waktu untuk melakukan riset, belajar dan membuat berbagai pilihan. Kemudian, baru tentukan keputusan Anda.

4. Pertahankan reputasi profesional Anda
Hindari masalah dengan rekan kerja. Jika bisa, luangkan waktu untuk menjalin kembali hubungan dengan kolega lama. Anda tidak pernah tahu kapan akan berhubungan lagi dengannya.

5. Tiga hal positif
Setiap hari, pikirkan tiga hal positif yang Anda raih hari ini, sekecil apa pun itu. Ini adalah cara lain untuk menunjukkan rasa syukur dalam bingkai introspektif. Rasa syukur telah terbukti mampu meningkatkan kesuksesan seseorang.

6. Tunjukkan rasa percaya diri
Anda hanya memiliki satu tubuh. Jadi, nyamanlah dengan diri Anda sendiri. Dengan percaya diri, Anda akan membuat orang-orang di sekitar memercayai Anda juga.

7. Motivasi eksternal
Kelilingi diri diri Anda dengan orang-orang yang mendorong Anda menjadi lebih baik. Dalam kehidupan pribadi dan profesional, setiap orang yang berpikiran dan bersikap negatif bisa mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal baik dan menguras energi Anda.

8. Berbuat baik pada diri sendiri
Bukan berarti Anda harus membeli berbagai barang mahal. Lakukan saja dengan hal-hal kecil. Misalnya dengan membuat tempat tidur rapi di pagi hari. Jadi ketika Anda pulang kerja dan merasa sangat lelah, Anda akan bisa langsung beristirahat dengan nyaman.

Anda bisa juga menabung, sebagai jaminan untuk diri sendiri ketika situasi ekonomi sedang sulit. Atau, Anda bisa rutin berolahraga agar tubuh Anda senantiasa fit.

9. Memahami wawancara kerja
Wawancara kerja sejatinya adalah proses dua arah. Perusahaan berusaha memahami Anda sebagai calon pegawai. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami perusahaan. Misalnya bagaimana mereka dapat membantu Anda mengembangkan karier.

10. Kesalahan bisa jadi hadiah
Selalu berpikir positif untuk setiap kesalahan yang Anda buat. Bisa jadi ia adalah pengalaman belajar berharga dalam hidup Anda. Jangan takut berbuat salah. Tetapi pastikan Anda tidak membuat kesalahan yang sama dua kali. 

 

1510905_640218276044008_168195065_n

Sumber : Okezone.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s