10 Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit adalah bagian terbesar dari tubuh yang paling mudah terlihat. Menjaga kulit untuk tetap sehat adalah hal yang penting. Anda tidak harus selalu pergi ke dokter atau klinik-klinik kecantikan hanya untuk sekedar menjaga kesehatan kulit. Cukup dengan mengonsumsi makanan atau minuman sehat tertentu, kulit anda akan terjaga dari adanya kerusakan dan efek penuaan akibat sinar ultraviolet. Selain itu, mengonsumsi makanan-makanan ini juga akan membuat kulit anda lebih bercahaya.

Beberapa Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

1. Teh hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dapat memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari yang bisa merusak kulit. Baik anda menerapkannya langsung ke kulit atau menikmatinya sebagai minuman, antioksidan pada teh hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan membantu memperbaikinya jika memang sudah terjadi kerusakan. Minum teh hijau juga memastikan tubuh anda tetap terhidrasi, di mana hal ini juga faktor penting untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Yogurt
Yogurt rendah lemak merupakan makanan sumber vitamin A, nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu tubuh menghasilkan kolagen, protein penting yang ikut bertanggung jawab atas elastisisitas kulit. Vitamin ini juga membantu melindungi kolagen terhadap kerusakan.

3. Ikan
Ikan merupakan sumber protein rendah lemak. Ikan seperti tuna, todak, atau salmon adalah sumber asam lemak omega-3 alami. Nutrisi ini sangat penting dan berperan dalam meredakan peradaganan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam makanan dapat membantu melawan efek merusak dari radiasi ultraviolet terhadap kulit. Ikan salmon dikenal mengandung senyawa antioksidan yang disebut astaxanthin. Antioksidan ini dapat mencegah kulit kendur dan keriput.

4. Kacang Brazil
Kacang mungkin tinggi lemak, namun lemak baik, yakni lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Lemak-lemak tersebut dapat meningkatkan kesehatan sistem peredaran darah. Kacang Brazil merupakan sumber selenium, mineral penting bagi fungsi sistem kekebalan tubuh. Kacang ini juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin E. Kacang Brazil telah terbukti meningkatkan sirkulasi kulit dan membuatnya lebih bercahaya.

5. Coklat hitam
Coklat hitam atau dark chocolate penuh dengan antioksidan flavonoid. Menurut sebuah penelitian yang dikutip dalam European Journal of Nutrition dan Journal of Cosmetic Dermatology, coklat hitam tidak hanya melindungi jantung dan pembuluh darah, namun juga melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

6. Buah Berry
Keluarga buah berry seperti stroberi, blackberry, cranberry, dan raspberry adalah buah yang kaya akan antioksidan. Buah ini sangat bermanfaat untuk melawan kanker dan mencegah penyakit lainnya. Makanan super ini membantu pertahanan antioksidan alami kulit dan melawan radikal bebas berbahaya akibat serangan radiasi ultraviolet pada kulit.

7. Biji-bijian
Tidak seperti tepung halus atau nasi putih, biji-bijian seperti gandum, haver(oat), dan beras merah menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan daripada sekedar karbohidrat sederhana. Biji-bijian tidak hanya kaya serat yang baik bagi pencernaan, namun juga merupakan sumber vitamin B yang baik bagi kulit seperti folat, niasin, dan zat gizi mikro seperti seng dan magnesium. Seng sangat penting bagi pertahanan kulit terhadap kerusakan.

8. Kunyit
Kunyit tidak hanya dikenal sebagai rempah-rempah pelengkap bumbu masakan. Kunyit merupakan sumber utama kurkumin, senyawa aktif polifenol yang dapat melawan perkembangan kanker kulit. Kurkumin pada kunyit juga dapat mengurangi peradangan dan bekerja sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit.

9. Buah-buahan kaya vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan penting untuk menjaga jaringan ikat. Kekurangan vitamin C diketahui bisa menyebabkan penyakit kulit yang bernama kudis. Vitamin C juga sangat efektif dalam mengurangi keriput di kulit. Selain itu, Vitamin C berperan penting dalam melawan radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki kulit yang rusak. Konsumsilah buah kiwi atau buah-buahan yang mengandung vitamin C lainnya seperti buah jeruk, pepaya, jambu biji, dan lain sebagainya, untuk menjaga kulit anda tetap sehat.

10. Buah Zaitun dan Minyak Zaitun
Buah zaitun bisa dimakan langsung atau bisa diperas menjadi minyak zaitun, keduanya sama-sama bermanfaat. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bumbu salad dan juga hal-hal yang terkait dengan kulit. Minyak zaitun sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk kulit yang sangat kering. Minyak ini selembut sutra dan biasanya tidak menyebabkan reaksi alergi. Minyak zaitun juga dapat melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kanker. Vitamin E yang terkandung di dalamnya bisa dimanfaatkan untuk pelembab kulit dan perawatan kulit wajah. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk gangguan kulit seperti ruam, eksim, keriput, garis-garis halus, bintik hitam, kulit terbakar, dan juga untuk mencegah kanker kulit.

via Healthline & Buzzle | image : foodera.in

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s