Ayooo Jadi PEMBURU WAKTU di bulan mulia! ^_^b

Udah tau kan satu detik di Ramadhan maknanya adalah berlipat-lipat kebaikan di dalamnya. W-O-W banget ya?! Sayang banget deh kalo nggak dioptimalin buat meraih kebaikan yang berlipat-lipat itu dan malah masih disibukkan dengan perkara ecek-ecek macam black campaign dan fitnah. Mending perbanyak doa buat capres jagoan kita. Kan doa di bulan ini lebih qobul.

Ngomong-ngomong. . Buat yang lupa, Allah memberikan beberapa waktu yang paaaling baik, lho, yang cuma bisa kita temui di Ramadhan ini. Kalo dimanfaatkan buat Do’a plus perbanyak ibadah, dijamin kita bakal jadi orang beruntung deh! Kapan aja waktunya? Ini dia…

1. Waktu sahur
Untuk beberapa orang, sahur itu termasuk perkara sulit bin jelimet. Ada yang sulit buat sekadar melek, ada yang sulit buat menahan kalapnya semangat makan saking takut kelaparan di siang hari, ada yang sulit buat nggak nonton acara tivi yang penuh canda tawa, ada juga yang sulit buat menahan kantuk abis makan sahur sampai Subuh pun lewat!

Padahal banyak keutamaannya, lho, di waktu sahur itu!

Pertama, Allah mendidik kita untuk rutin bangun di 1/3 malam. Di mana dalam sebuah hadits qudsi disebutkan, saat 1/3 malam terakhir bagi siapa yang bermunajat kepada-Nya akan dipenuhi, yang memohon ampun akan diampuni, dan yang berdoa akan dikabulkan. Jadi kalo bangun sahur, utamain solat malam plus perbanyak istighfar dan doa dulu, ok?

Kedua, didoakan oleh Allah dan para malaikat. Walau cuma sahur dengan minum seteguk air.

“Jangan kalian tinggalkan (sahur) walaupun salah seorang dari kalian hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur.” [hadits]

Ketiga, waktu sahur adalah waktu yang Allah janjikan keberkahannya. Berkah=ziyadatul khair=bertambahnya kebaikan. Salah satu keberkahan yang paling berasa di dunia adalah, Allah kumpulkan kita untuk makan satu meja dengan sanak saudara. Jadi pada akur deh di bulan Ramadhan. Rait?

So so so… jangan sia-siakan waktu sahur cuma karena alasan ngantuk. Apalagi menyiakannya dengan makan di depan tv sambil ketawa-ketiwi. Heuw, rugiii!

2. Waktu berbuka
Beneran Allah tuh baiiik banget! Masa kalo kita menyegerakan berbuka, dijamin selalu dalam kebaikan.

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (HR. Bukhari Muslim)

Masa kalo kita memberi makan berbuka orang yang berpuasa, pahalanya sama seperti orang berpuasa yang kita kasih makan.

“Barang siapa yang memberi buka orang yang puasa maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. Ahmad)

Masa Dia janjikan tidak tertolaknya doa di waktu ini.

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR Ibnu Majah)

Heuw, nikmatnya kebangetan deh! Rugiii serugi-ruginya kalo kita cuma memfokuskan waktu berbuka sebagai ajang balas dendam doank, Sob. Mending perbanyak Do’a dan berbuka sambil praktekin sunnah Rasul dengan tiga butir kurma atau air segelas. Dijamin selain bertabur pahala, juga menyehatkan raga!

Terbukti sifatnya yang mudah meleleh membuat kurma mudah dicerna. Hal ini tepat dikonsumsi saat buka puasa karena organ pencernaan, khususnya lambung membutuhkan makanan lembut setelah sehari tak tersentuh makanan. Kurma juga mengandung kalium yang bermanfaat
mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot.

3. Waktu Lailatul Qadr
Walaupun masih lama, tapi butuh banget persiapan dari sekarang buat menyambutnya, Sob. Kalo kita sudah terbiasa menghidupkan Ramadhan dengan perbanyak interaksi bersama Al Qur’an dan mendirikan ibadah sunnah lainnya, in syaa Allah di malam yang cuma Allah yang tau kapan turunnya itu, kita akan terjamin dalam kebaikan saat dia turun nanti.

Eh… pada masih ingat kan keutamaan malam Lailatul Qadr? Nih di jabarin deh, biar pada makin semangat!

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3)

Iya, 1000 bulan means 83 tahun!!! Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. Wih!

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

Ya ampun… siapa sih yang nggak mau dosanya yang menggunung diampuni oleh Allah? Udeh, kencangkan ikat pinggang sejak sekarang  ^_^v

 

Sumber : Anida Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s