SURAT DAN AYAT AL-QUR’AN FAVORIT PARA TUNANETRA

SURAT DAN AYAT AL-QUR'AN FAVORIT PARA TUNANETRA

Allah Maha Baik dengan segala rahmat yang diberikan-Nya kepada kita para hamba-Nya. Betapa tidak, Allah telah anugerahkan fisik yang sempurna, akal untuk berpikir, udara untuk bisa bernapas setiap detik, dan masih banyak nikmat Allah yang lain yang tak mungkin disebutkan satu per satu. Begitu sempurna.

Tapi pernahkah kita berpikir tentang mereka yang tidak sesempurna kita? Mereka yang terlahir tanpa fisik yang sempurna. Mereka yang terlahir dalam kegelapan, tak bisa melihat dunia. Mereka disapa oleh cahaya Islam di hatinya.

Tahukah kalian Surat dan ayat manakah yang menjadi favorit bagi para Tunanetra yang beriman tersebut? Berikut cuplikannya:

Suatu hari saya mengisi kajian pada majelis ilmu di daerah Pondok Gede, majelis ini yang hadir banyak pula dari rumah yang jauh sekitaran jakarta barat dll, yang menjadi perhatian adalah majelis ilmu ini khusus bagi para penyandang tunanetra, saat baru di mulai saya meminta kepada hadirin untuk membuka surat saba ayat ke 4 namun hanya selisih tidak lebih dari 2 detik salah satu dari hadirin langsung melantunkan ayat tersebut dengan lancar tanpa al-quran braile, pikir saya orang tersebut sudah hafal, jujur diri saya pun belum hafal, merasa tertegun sebenarnya siapa yang tunanetra, dia ataukah saya yang tunanetra, Subhanallah..Astaghfirullah ampunilah Hamba.
Singkat cerita terjadilah percakapan ringan namun bermakna dalam antara saya dengan salah seorang hadirin majelis ilmu,

Seorang Tunanetra:”Pak.. Tahu gak kalau di kalangan kami para tunanetra punya surat dan ayat favorit di al-quran?”

Saya:”Oh ya? Belum tahu saya.. Surat dan ayat yang mana itu?”

Seorang Tunanetra:”Surat Thoha ayat 124 sampai ayat 126 pak..”

“Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”(Thoha:124)

“Dia berkata:”Yaa Tuhanku, mengapa Engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta, padahal dahulu aku dapat melihat?””(Thoha:125)

“Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah, dahulu telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, dan kamu mengabaikannya, jadi begitu pula pada hari ini kamu diabaikan””(Thoha:126)

Seorang Tunanetra:”Pak.. Saya ikhlas koq Pak di dunia dikaruniai penglihatan yang tidak berfungsi alias buta, di dunia masih ada yang perduli dengan saya, mau pergi ke daerah mana saya ada yang menolong mencarikan kendaraan umum buat saya, ada yang membantu saya menyeberang jalan, ada yang membantu saya menunjukkan nominal uang, tapi kalau di akhirat saya juga buta, Yaa Allah siapa yang akan membantu saya sementara tidak ada naungan kecuali naungan dari Allah, bagaimana jadinya jika saya mengabaikan ayat-ayat Allah ketika di dunia lalu di akhirat dikumpulkan dalam keadaan buta dan Allah tidak mau menolongnya? Astaghfirullah..”

Ya, saya hanya bisa tertegun dengan perasaan cemas dan takut, betul kata seorang tunanetra itu, Yaa Allah berilah ketabahan dan kesabaran dan keimanan yang sempurna bagi para penyandang cacat, dan tidak menutup kemungkinan bagi saya yang sering kali sibuk dengan dunia. Padahal telah jelas ayat-ayat Allah, mungkin bukan karena saya tidak cukup waktu untuk mentelaah Al-Qur’an tapi tidak cukup kemauan keinginan untuk mentelaah Al-Qur’an, dan jatuh pada status mengabaikan Al-Qur’an.. Yaa Allah ampunilah hamba, bagaimana mungkin saya bersenang-senang di dunia, bisa bercanda tawa, bermain, membicarakan suatu permasalahan yang tidak berguna di akhirat nanti, terlalu silau dengan harta, terlalu semangat bekerja, terlalu bangga dengan kemampuan berolahraga, selalu mengumpulkan harta tapi tidak juga keluar zakat darinya, sehingga lupa semua urusan akhirat.

(Dikutip asli dari sumber: One Day One Juz)

“ Dan tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main main dan sendau gurau, dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia “( QS. Al An’am : 70)

Mari kita bantu saudara-saudari kita yang tidak sempurna ini untuk bisa membaca Al-Qur’an. Keluarga LP3I mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bergerak bersama dalam gerakan “WAQAF QUR’AN BRAILLE”, yang akan diperuntukkan bagi saudara/i tunanetra kita, dimana nilai waqaf adalah Rp. 55.000/ 1 juzz.

Caranya dengan Transfer ke Rekening Yayasan LP3I, nomor rekening: 6850035197 a/n. LP3I (BCA KCP ATRIUM SENEN)

Konfirmasi waqaf Bisa langsung kirim SMS ke panitia waqaf dengan format :
Nama pengirim/asal kota pengirim/jumlah waqaf/Bank si pengirim/waqaf atas nama.

contoh: Zahra/Bekasi/Rp. 110.00/ BNI Syariah / waqaf a/n. Fathimah Azahra & Muhammad Al Fathi
dikirim ke +6281288185009

Kirim bukti transfer ke email, lalu panitia akan mebalas melalui SMS.

Waqaf-1000-JUZ-AL-QUR’AN-BRAILLE_alt1(2)

Info lebih lanjut dapat menghubungi Pengurus Waqaf Qur’an Braille LP3I Kantor Pusat 2014.

Contact Person: Irenne 081288185009 (SMS/WA ONLY).

Alamat LP3I Kantor Pusat: Gedung Sentra Kramat, Jl. Kramat Raya No. 7/9, Jakarta, 10450.

Telpon: 021. 314 8636, 315 6221

Email: irenne.kd@lp3i.ac.id

Website: http://www.lp3i.ac.id

#WaqafQur’anBraille

Tinggalkan Balasan

