Gagal 1000 Kali, Akhirnya Berhasil Ciptakan Bola Lampu

Image

Thomas A. Edison

Kegagalan adalah hal biasa dan karena kegagalan inilah biasanya kita bisa menemukan keberhasilan. Hal itulah yang pernah dirasakan oleh seorang Thomas A. Edison yang pernah gagal berkali-kali ketika berusaha menciptakan bola lampu. Berkali-kali di sini bukan satuan, puluhan dan ratusan kali, melainkan sampai seribu kali, bahkan ada yang berpendapat Thomas A. Edison pernah gagal sampai 10.000 kali. Tidak penting berapa kali ia gagal karena yang terpenting adalah dengan kegagalannya tersebutlah akhirnya Thomas A. Edison berhasil menciptakan bola lampu.
Thomas A. Edison lahir pada tahun 1847, tepatnya tanggal 11 Februari di Ohio, Amerika Serikat. Saat bersekolah ia selalu mendapat nilai yang buruk dan karena itulah akhirnya sang ibu memutuskan untuk memberhentikannya dari sekolah. Ibunya kemudian mengajar Edison sendiri di rumah. Saat sekolah di rumah inilah Edison mendapat kesempatan untuk bisa membawa buku-buku ilmiah untuk orang dewasa.
Edison kemudian mengadakan percobaan ilmiahnya sendiri. Karena membutuhkan uang untuk percobaannya, pada usia 12 tahun ia bekerja sebagai penjual buah, Koran dan gula-gula di kereta api. Setelah cukup dewasa ia kemudian bekerja sebagai operator mesin telegraf. Melalui mesin telegraf, Edison mengirimkan pesan atau berita bisnis ke semua perusahaan ternama di kota New York.
Di tahun 1870, Edison sudah mampu menemukan mesin telegraf yang bisa bekerja lebih baik karena mesin ciptaannya mampu mencetak pesan di atas pita kertas panjang. Uang yang ia dapat dari penemuan tersebut membuatnya mampu mendirikan perusahaan sendiri, Tahun 1874, Edison pindah ke kota New Jersey. Di kota ini ia kemudian membuat bengkel ilmiah yang besar dan menjadi yang pertama di seluruh dunia. Setelahnya ia mampu melakukan penemuan penting, seperti Gramofon (1877), lampu listrik dan proyektor untuk film (1879) dan masih banyak lagi. Tahun 1890 ia mendirikan perusahaan bernama General Electric.
Selama hidupnya, Edison mampu meraih 1.093 paten atas namanya. Dan karena itulah ia kemudian dikenal sebagai salah satu penemu paling produktif pada masanya. Dalam bidang pertahanan Amerika Serikat, Edison juga cukup berperan dengan beberapa hasil penelitiannya seperti menghancurkan periskop dengan menggunakan senajata mesin, menghentikan torpedo dengan jaring, mendeteksi kapal selam, meningkatkan kekuatan torpedo dan masih banyak lagi. Thomas A. Edison meninggal di usia, tepat pada haru ulang tahun penemuannya yang paling fenomenal, sebuah bola lampu yang membuat seluruh dunia tetap terang di malam hari.
Hal yang patut ditiru dari seorang Thomas A. Edison adalah kegigihannya dalam melakuan sesuatu. Tidak peduli berapa kali mengalami kegagalan ia tetap berusaha sampai ia berhasil. Kegagalan tidak akan membuat seorang Thomas A. Edison menyerah bahkan akan membuat ia semakin bersemangat. (Sumber: http://www.duniaprofesional.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s