Sumpah Pemuda

Image

Nilai-nilai sumpah pemuda seharusnya diamalkan oleh pemuda saat ini, karena nilai nasionalisme & patriotism mereka sekarang sangat rendah . Lihat saja berita di televisi, masyarakat selalu bertindak anarkis. Bukan hanya dari kalangan dewasa, pelajar & mahasiswa saat ini pun nilai moral nya sangat rendah. Contohnya berkelahi dengan sesama pelajar, tawuran, mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Bahkan sangat tragis jika melihat tindakan asusila yang marak dilakukan pelajar maupun mahasiswa. Tidak hanya masyarakatnya, pegawai pemerintaha pun ikut serta melanggar aturan negara seperti korupsi, yang bolos bekerja, yang terlambat mengikuti apel, bahkan tidak hafal lagu kebangsaan sendiri .

Menyuarakan semangat sumpah pemuda sebenarnya itu mudah baik bagi pelajar maupun mahasiswa. Salah satunya contohnya adalah dengan belajar yang tekun, displin, mengikuti upacara, dan melakukan hal-hal positif serta bermanfaat untuk diri sendiri & orang lain .

Terkadang kita dibuat sedih dengan kenyataan para pemuda Indonesia saat ini. Semangat mengisi kemerdekaan mereka sangat kecil, kadang malah merusak. Hanya karena sedikit salah paham, para pelajar bisa dengan mudah melakukan tawuran. Buruknya pengelolaan emosi dan ketidakpahaman akan tanggung jawabnya sebagai generasi penerus membuat mereka tidak peduli di mana pun dan kapan pun. Pemuda desa yang satu rusuh dengan pemuda kampung yang lain. Ada juga tawuran antar sekolah dan antar universitas.

Masalah yang dihadapi pemuda Indonesia masa kini, bukan hanya pada emosi mereka yang tak terkendali. Tapi juga mental yang egois dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Mereka menjerumuskan diri ke dalam narkoba, hura-hura, dan pesta-pora, dan hal lain yang bersifat negatif. Contohnya penyiraman air keras terhadap pengguna metromini akhir akhir ini, tawuran antar jurusan karena hal sepele dan banyak lagi.

Untungnya, tidak semua pemuda zaman sekarang seperti itu, yang menghancurkan diri dan bangsanya. Masih banyak generasi penerus bangsa yang peduli dengan lingkungan dan menjunjung tinggi semangat Sumpah Pemuda.

Sangatlah diharapkan apabila semua pemuda Indonesia masa kini memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, dan kesadaran diri untuk menjadi manusia-manusia penerus bangsa yang menjunjung tinggi harkat diri dan bangsanya. Contohnya Evan Dimas dkk, dan banyak lagi.

“Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki generasi muda yang peduli terhadap bangsanya.”

Kalau kamu, apa yang akan kamu lakukan untuk memaknai perayaan sumpah pemuda? Apa yang akan kamu berikan untuk Indonesia?

Mari kita renungkan bersama. Semoga bermanfaat.

 

Visit, Like and Follow us on :

Website   : www.lp3i.ac.id

Facebook : LP3I Kampus Tepat & Cepat Kerja

Twitter     : LP3I_Pasti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s