Penting Nggak Sih Softskill dalam Dunia Kerja

 Image

Sahabat, tau nggak sih? Banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk memulai bekerja atau membangun usaha. Yaitu hardskill dan softskill. Mungkin kata-kata ini nggak asing di telinga kalian, tapi dua hal ini sangat berpengaruh pada kualitas kinerja kita nanti.

Hardskill bisa diartikan penguasaan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan keterampilan tekhnis yang berhubungan dengan bidang yang dipelajari. Seperti dokter harus ahli dalam bidang kedokteran, Seorang koki harus pandai memasak dan sebagainya.

Sedangkan softskill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTER-PERSONAL SKILL) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILL) yang mampu mengembangkan seseorang untuk dapat bekerja secara maksimal. Seperti kemampuan beradaptasi dengan rekan kerja, klien maupun pihak-pihak lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang digeluti.

Softskill dan hardskill adalah dua komponen terikat yang nggak bisa dipisahkan. Tapi kebanyakan orang saat ini nggak begitu peduli dengan kemampuan soft skillnya karena berpikir kemampuan hardskill nya sudah mencukupi untuknya dapat diterima bekerja atau mendirikan usaha sendiri. Padahal, banyak kasus pemberhentian kerja tidak terlepas dari attitude yang buruk karena seseorang tidak memiliki kemampuan softskill yang baik.

Softskill Seperti Apa yang Dibutuhkan Dunia Kerja??

Dalam persaingan sepertpi sekarang, kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki profesionalisme dan manajerial skill yang berbasis kemampuan sudah merupakan tuntutan. Terlebih dunia kerja saat ini banyak terpengaruh oleh perubahan pasar, ekonomi dan tekhnologi. Tenaga kerja yang memiliki kecerdasan emosional (Emotional Quotient) sangat mendukung pemenuhan tersebut, di samping kecerdasan intelektual. Berdasar hasil survey National Association of Colleges And Employers USA terhadap 47 pimpinan perusahaan menyatakan bahwa IPK bukanlah hal yang dianggap penting dalam dunia kerja.

Yang jauh lebih penting adalah softskill antara lain kemampuan komunikasi, kejujuran, kerjasama, motivasi, kemampuan beradaptasi dan kemampuan interpersonal dengan orientasi nilai pada kinerja yang efektif.

Kemampuan softskill di atas sebetulnya masuk dalam kecedasan emosional yang menurut definisi adalah kemampuan mengenali perasaaan diri sendiri dan orang lain, kemampuan memotivasi diri, kemampuan mengendalikan diri/ mengelola emosi pada diri sendiri dalam hubungan dengan orang lain (Daniel Goleman).

Ada lima kecerdasan emosional yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini, yaitu :

1. Kesadaran Emosional , yang meliputi kedewasaan emosi dalam pengambilan keputusan yang

win-win solution.

2. Pengelolaan Emosional (pengedalian diri) yang meliputi kemampuan kepekaan, sabar dan

tabah dalam menjalankan tugas.

3. Motiovasi Diri, yang meliputi kemampuan berpikir positif, ulet dan pantang menyerah

4. Empati pada Sesama ; yang meliputi kemampuan memahami, merasakan, peduli, hangat,

akrab dan kekeluargaan

5. Ketrampilan Sosial , yang meliputi kemampuan bermusyawarah, bekerjasama, kepentingan

umum/tim)

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memupuk hardskill dan softskill agar tumbuh secara seimbang adalah dengan memilih lembaga pendidikan yang tepat. Yang tidak hanya memberikan kemampuan hardskill tapi juga softskill. LP3I menyiapakan konsep pendidikan dengan mengimplementasikan softskill melalui aktivitas-aktivitas di luar jam perkuliahan non sks yang bersertifikat seperti :

1. Achievment Motivation Training berupa seminar dan training dari motivator-motivator local

maupun nasional, praktisi industry dan pengusaha-pengusaha sukses.

2. Mentoring Agama untuk membangun jiwa dan rohani yang beriman dan bertaqwa.

3. Training persiapan kerja dari pada Manager HRD relasi perusahaan LP3I.

4. Pembimbing akademik untuk membimbing dan mengarahkan tujuan hidup atau visi mis

mahasiswa.

5. Kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan penunjang untuk mendukung kebutuhan dunia kerja.

Sehingga lulusanya memiliki karakter sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan sesuai dengan bidang pekerjaannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s