Naik Turun Tangga Lebih Menyehatkan daripada Olahraga GYM

Image

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mulai sekarang tidak perlu susah payah menyeret tubuh ke pusat kebugaran. Pasalnya sebuah penelitian mengungkap bahwa naik turun tangga lebih menyehatkan dan cepat menguruskan badan daripada olahraga di gym.

Peneliti dari University of Utah tepatnya menyebutkan kalau olahraga singkat namun lebih sering dilakukan lebih efektif merampingkan tubuh daripada berolahraga seminggu sekali di gym selama berjam-jam.

“Intensitas lebih penting daripada durasi, intinya seperti itu jika memang ingin mencegah berat badan kembali membengkak,” papar Dr Jessie Fan, seperti yang dikutip dari Huffington Post.

Sebanyak 2.202 pria dan 2.309 pria berusia 18-64 tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka terbagi menjadi empat kelompok pelaku olahraga berdasarkan intensitas dan durasi: intensitas tinggi dan durasi lama, intensitas tinggi dan durasi sebentar, intensitas rendah dan durasi lama, serta intensitas rendah dan durasi sebentar.

Ternyata, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga dalam intensitas tinggi dan durasi sebentar memiliki berat badan yang lebih ideal.

Contoh olahraga yang bisa dilakukan setiap hari dalam waktu sebentar adalah naik turun tangga, berjalan kaki atau bersepeda untuk bekerja, dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Orang dewasa memang pada dasarnya dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggu. Jadi daripada menghabiskan waktu 150 menit dalam sehari untuk berolahraga di gym, alangkah baiknya jika waktu tersebut dibagi selama tujuh hari demi melakukan aktivitas fisik dengan durasi yang relatif sebentar.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam American Journal of Health Promotion.

Sumber : Merdeka.com

Please also visit :
Website   : www.lp3i.ac.id
Twitter     : @LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s