Kisah Tentang Bintang Laut dan Anak Pantai

Image

Vemale.com – Sudah lama sepertinya Vemale tidak menceritakan kisah-kisah inspirasi ya? Kali ini, sebuah cerita sederhana ingin kami bagi pada Anda.

Bercerita tentang seorang anak pantai yang tengah terlihat sibuk memindahkan bintang laut yang terbawa air pasang. Bintang laut tersebut terdampar dengan jumlah ratusan di pantai, dan tak bisa kembali ke laut sampai air pasang berikutnya.

Sebentar-sebentar, anak tersebut berlari membawa seekor bintang laut. Dengan tangannya yang mungil, ia berhati-hati membawa bintang laut menuju ke air, kemudian memasukkannya ke sana. Usaha ini tentunya tidak mudah. Di saat air sedang surut, pantai menjadi hamparan pasir yang jaraknya bisa sangat luas dan jauh dari air.

Seorang kakek yang tadinya duduk diam dekat atas bukit penasaran. Apa sih yang dilakukan anak pantai tersebut? Akhirnya, ia turun dari bukit dan mendatangi anak tersebut.

“Hei, kamu. Apa yang sedang kamu lakukan?” tanya kakek

“Aku sedang memindahkan bintang laut ini ke air, kek. Kasihan mereka terdampar,” kata anak kecil tersebut polos.

Si kakek menggelengkan kepala. Kemudian terkekeh melihat usaha si anak tersebut. “Ah, kau. Sampai kapan kau akan memindahkan bintang laut tersebut. Jumlahnya sangat banyak, tak mungkin kau bisa menyelamatkan semuanya.”

Si anak itu kemudian menjawab, “Kakek, mungkin aku tidak bisa menyelamatkan semua bintang laut itu. Tetapi dia, yang ada di tanganku, sedang berusaha kuselamatkan. Dan dia pasti selamat,” katanya tetap bersemangat. Ia kemudian meneruskan usahanya. Sementara si kakek yang tadinya meremehkan usaha si anak kecil itu, akhirnya ikut membantu.

***

Apa yang dapat kita ambil dari cerita di atas sebenarnya sering kita temui pula dalam kehidupan sehari-hari. Orang berpikir, haruslah melakukan pekerjaan yang besar untuk mengubah dunia, untuk menciptakan sesuatu bagi dunia. Karena ternyata pekerjaan tersebut terlalu besar, akhirnya kebanyakan orang mundur, dan memilih tak berbuat apa-apa. Berpikir terlebih dahulu kalau usahanya bakal sia-sia, sekian banyak orang memilih acuh pada problem yang terjadi di sekitar kita.

Berbeda dengan kebanyakan orang, si anak pantai berpikir simple. Mungkin memang ia tak bisa mengubah dunia dengan melakukan pekerjaan besar. Tetapi, dengan kemampuan dan tenaga yang ia punya, ia bisa mengubah dunia dengan melakukan hal-hal kecil. Memindahkan bintang laut adalah contoh kecil, demikian juga dengan membuang sampah di tempatnya, mengantri, berbagi dengan sesama, memakai sit belt di dalam kendaraan, mematuhi rambu lalu lintas, tidak memakai ponsel saat berkendara, dan hal kecil lainnya, yang ternyata apabila dilakukan oleh semua orang, dapat mengubah dunia.

Masih merasa hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan itu sepele?

Sadarilah pengaruh besarnya, sekecil apapun yang Anda lakukan, pada akhirnya hal tersebut akan mempengaruhi hidup Anda.

Karena melakukan hal kecil yang sederhana itu lebih penting daripada tak melakukan apa-apa ~ @bee_is_cute

Sumber : vemale.com

Please also visit :
Website   : www.lp3i.ac.id
Twitter     : @LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s