ADVOKASI PELATIHAN KADER ANTI NARKOBA DI KAMPUS LP3I KRAMAT

Image

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa penyalahgunaan narkoba bisa hadir di kelompok mana saja. Pelajar, mahasiswa, professional, PNS, TNI/Polri, buruh, sampai pengangguran. Di kalangan mahasiswa sendiri, narkoba bahkan sudah tidak dianggap hal yang aneh lagi. Data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) juga menunjukkan bahwa mahasiswa bersama dengan pelajar menduduki posisi kedua tertinggi setelah kelompok pekerja dalam hal penyalahgunaan narkoba.

ImageSebagai lembaga pendidikan tinggi yang berorientasi pada penyiapan sumber daya manusia yang siap pakai, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) merasa miris dengan fakta ini. Ir. Adriza, M.Si selaku Presdir LP3I mengakui betapa telah terjadi perubahan yang sangat besar dalam hal penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa. Hal ini disampaikan saat membuka acara pelatihan kader anti narkoba bagi mahasiswa LP3I dan perwakilan mahasiswa seputar Jakarta Pusat pada Senin, 20/5.

“Dari berbagai info yang saya dapat, saat ini ada banyak sekali jenis narkoba yang bisa disalahgunakan, dengan berbagai kelas dan harga, ini bisa menjadi ancaman luar biasa bagi generasi penerus kita,” ujar Adriza. Lebih lanjut ia juga menyampaikan pentingnya kebijakan di kampus yang bisa menangani adanya penyalahgunaan narkoba
ImageMenanggapi hal ini, Brigjen.Pol. Budyo Prasetyo, Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat yang menjadi narasumber pada kegiatan ini menyetujui perlunya kebijakan di kampus ini. Namun bukan hanya dari sisi pencegahan dan penanganan kejahatan narkoba di kampus namun juga dari sisi rehabilitasi. Hal ini disampaikan atas pertimbangan seringnya para pecandu tidak mengetahui kemana mereka akan mencari bantuan.

“Akan sangat baik bilamana kampus juga menyediakan semacam counselling centre yang dapat menampung mereka yang sudah pecandu, jadi jangan semata memerangi narkoba dan kejahatannya, namun juga berusaha memberi solusi bagi para pecandu,” kata Budyo.
Lebih lanjut juga disampaikan bahwa dalam memperingati Bulan Keprihatinan Narkoba pada bulan Juni ini, BNN akan menggelar detoksifikasi gratis bagi pecandu di beberapa klinik yang ditunjuk. Sosialisasi mengenai hal ini telah dimulai agar dapat diketahui oleh khalayak khususnya mereka yang mengalami masalah kecanduan narkoba.

Dari sisi yang berbeda, AKBP Maria Sorlory dari Pemberdayaan Masyarakat BNN menyampaikan bahwa saat ini tidak ada lagi kampus yang benar-benar bebas dari narkoba. Dari pengalaman sebagai penyidik narkoba di berbagai wilayah, ia menyatakan ada saja mahasiswa yang menjadi pebisnis narkoba. Karena pada dasarnya bisnis narkoba adalah bisnis yang sangat terselubung namun bisa saja dijalankan oleh banyak orang tanpa harus memiliki keahlian khusus.

“Saya punya pengalaman pernah menangkap mahasiswa yang bahkan bisa memiliki mobil mewah dari bisnis narkoba. Ini tentunya harus menjadi perhatian kita bersama, karena mahasiswa yang lain bisa jadi tergoda,” ungkap Maria.

Dari berbagai diskusi yang dilakukan atas pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa tersebut, Siti Alfisih dari Pencegahan BNN menyampaikan kembali komitmen BNN untuk terus menyebarkan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya narkoba ini.
Image“Mari bersama kita bentengi diri, keluarga dan masyarakat. Jangan sampai ada lagi teman kita, anggota keluarga kita, masyarakat kita yang sampai jatuh pada kecanduan narkoba dikarenakan ketidaktahuannya,” ajak Siti, Kasubdit Masyarakan – BNN.

Image

Image

Image

Image

Kegiatan yang berlangsung sampai dengan tanggal 21 Mei 2013 besok ini menghadirkan banyak pembicara dari BNN dan Kaporli untuk memberikan banyak informasi dan pelatihan Advokasi bagi mahasiswa tentang bahaya narkoba serta cara menghindarinya.

Sumber: http://seputar.lp3i.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s