Entrepreneur For Women

Gambar

1.Wanita Berbisnis Siapa Takut ?

berikut adalah hal-hal yang perlu di kembangkan oleh seseorang bila ingin menjadi pebisnis :

a.Professional  : senantiasa mangasah kemampuan kita yang berkaitan dengan hobi tersebut, dengan cara memprlajari dari buku-buku,mengikuti kursus, dan belajar dari teman-teman pengusaha yang sudah berpengalaman.

b.Survey : lakukan survey kecil-kecilan tehadap teman-teman kita apakah produk yang kita tawarkan betul-betul mereka butuhkan atau tanyakan produk apa yang sedang mereka butuhkan, sehingga kita menemukan peluang disana.

c.Bergabung dengan komunitas : bergabunglah denga komunitas yang sejenis dengan bisnis kita guna mendapatkan relasi dan info-info terbaru terkait dengan bisnis yang dijalani.

d.Promosi : mulailah dari teman-teman sendirir, lalu berkembanglah ke sesama orang tua ketika kita menjemput anak-anak disekolah.

2.Wanita Dan Usaha Mikro

Pada tahun 2006 sebanyak 60% dari total 44,6 pelaku usaha mikro kecil dan menengah adalah perempuan, sumbangsinya terhadap PDB, penyerapan tenaga kerja dan sebagai ekspor tentu bisa dihitung dan ada datanya.Jika jumlah wiraswasta di Indonesia saat ini mencapai 0,18% dari total penduduk dan untuk meraaih kemakmuran minimal harus ada 4% pelaku usaha, maka perempuan memeiliki peluang yang besar.

Berikut ini contoh-contoh perempuan yang telah sukses dan patut diteladani diantaranya, Mooryati Soedibyo sebagai pengusaha Mustika Ratu, Feny Mustafa sebagai pengusaha busana muslimah, Nurhayati Subakat sebagai pengusaha Kosmetik Halal Wardah, Marta Tilaar pengusaha kosmeti, Sumiwiludjeng pengusaha Brownis Kukus Amanda.

A.Istri-istri Rasululloh SAW Menekuni Wirausaha

1.Khadijah binti Khuwaillid : istri pertama Rasululloh yang merupakan pengusaha ekspor impor yang sukses.Ia mewarisi kekayaan dari ayahnya yang bernama Khuwaillid bin As’ad bin Abdul Uzza bin Qusay yang dikenal sebagai saudagar kaya pada waktu itu.

2.Zainab binti Jahsy : istri dari Rasululloh yang memiliki usah penyamak kulit dan gemar bersedekah, sangat pemurah dan taat beribadah.Ia anak dari seorang bangsawan Makkah.

3.Shafiyah binti Huyay : istri dari Rasulluloh yang memiliki usaha Jasa Rias Pengantin.Ia putri dari seorang pemuka yahudi Huyay bin Akhthab.

3.Berguru Pada Khdijah

Usaha keras dan keberhasilan Rasululloh SAW dalam menyebarkan agama islam di muka bumi, tak terlepas dari rasa cinta tanps batas dan iman seorang wanita mulia, bahkan orang-orang Makkah sebelum islam lahir menjulukinya ”Wanita yang suci” dialah Khadijah binti Khuwaillid.

Khadijah adalah seorang janda dengan tiga anak, dua laki-laki dan satu perempuan.Pada saat umur 40 tahun ia memberanikan diri melemar  Rasululloh yang pada saat itu beliau berusia 25 tahun.Selain karena kepribadiannya yang terkenal akan kejujurannya, kesesuaian kata dengan perbuatan, ahlaqnya yang milia, integritas moral yang baik, dan kecerdasannya yang tinggi Khadijah pun mendengar adanya ramalan dari para rahib dan pendeta yang mengatakan bahwa Muhammad akan menjadi nabi yang ditunggu-tunggu umat dan menjadi nabi yang terakhir.

4.Wanita Bekerja Dalam Pandangan Islam

Dewasa ini tampak semakin banyak wanita beraktivitas diluar rumah mulai dengan alasan mencari nafkah, mengejar kesenangan, menjaga gengsi, mendapatkan setatus sosial di masyarakat sampai alasan emansipasi.

a.Wanita Bekerja, Bolehkah ?

Menurut Islam wanita boleh untuk memiliki harta sendiri dengan jalan bekerja mendapatkan uang atau harta, meskipun nafkahnya telah dijamin oleh suami atau walinya.Tetapi ia harus tetap pada jalan yng lurus jalan yang diridhai oleh Alloh SWT yakni mencari nafkah tidak boleh menghalalkan segala cara, tidak boleh meninggalkan pekerjaan yng telah dibebankan kepadanya menjadi kepala rumah tangga dan justru harus lebih memperioritaskan kewajibannya dari pada pekerjaannya karena hukum bekerja bagi wanita adalah mubah.

b.Dimanakah Wanita Harus Bekerja ?

Alloh SWT telah menetapkan beberapa cara untuk mendapatkan harta bagi laki-laki dan perempuan.Salah satu diantaranya dengan bekerja, sehingga perempuan pun boleh melakukannya dengan wujud yang luas dan jenis yang bermacam-macam, bentuk beragam dan hasil yang berbeda-beda, oleh sebab itu Alloh SWT pun telah menetapkan jenis pekerjaan yang layak untuk dijadikan sebab kepemilikan harta.Salah satu di antaranya adalah ijaroh dengan pekerjaan yang halalbagi setiap muslim.Seperti dalam urusan perdagangan, pertanian, industri, pelayanan, guru, peradilan.

c.Pengaturan Sistem Interaksi Pria Dan Wanita

Dalam ketentuannya suatu pekerjaan harus senantiasa menentukan dan memperhatikan ketentuan syara’ yaitu tidak boleh bercampur baur antara pekerja laki-laki dengan wanita.Interaksi yang terjadi dalam hubungan bermasyarakat antara pri dan wanita hanya untuk saling ta’awwun yaitu tolong menolong.

5.Syarat Dan Adab Wanita Bekerja

a.Mngenakan pakaian yang menutup aurat : berguna untuk menjaga kehormataan seorang wanita saat bekerja diluar rumah.

b.Tidak memamerkan secara mencolok perhiasan dan kecantikan : guna menghindari fitnah dan demi menjaga keselamatan wanita itu sendiri.

c.Tidak meluneken, memerdukan atau mendesahkan suara : harus senantiasa menjaga dan menghindari karena perbuatan tersebut termasuk haram karena dapat menimbulkan syahwat.

d.Menjaga pandangan : karena wajib hukumnya bagi setiap laki-laki dan perempuan menjaga pandangannya bila ia keluar rumah.

e.Aman dari fitnah : ijma’ ulama mengatakan kebolehan wanita keluar rumah akan batal dengan sendirinya apabila ada fitnah atau keadaan yang tidak aman.

f.Mendapatkan izin dari orang tua atau suaminya : izin dari suami sebagai wujud kasih sayang dari tanggung jawab seorang yang idealnya menjadi pelindung.

6.Kiat Memulai Usaha

Berikut adalah beberapa tips yang harus diperhatikan sebelim memulai usaha, diantaranya :

a.Memiliki mimpi : menjadi motivasi untuk menggali ide-ide kreatif dalam menciptakan sebuah usaha, karena terwujudnya kesuksesan berasal dari mimpi yang besar.

b.Obsesi dan hobi : jadikanlah salah satu hobi yang kita sukai menjadi sebuah usaha, berikan separuh hati kita untuk menjalankannya, karena semua berawal dari hal kecil dan kerja keras.

c.Sadari realitas : fokus terhadap apa uang kita tekuni dan rencana-rencana untuk mengembangkannya jangan terlalu membandingkan dengan orang lain.

d.Menyusun rencan kreatif : menjalankan usaha tidak sederhana jika menginginkan hasil maksimal, berusahalah memiliki ide bisnis kreatif baik dari segi produk yang kita usahakan, pengelolaan modal, penjajakan jaringan, atau rencana kreatif lain seperti pelayanan costumer, bonus-bonus produk, launching produk, dan lain sebagainya.

e.Memiliki rencana bertahap : jika modal kita sedikit jalankan saja peraturannya, rencanakan sesuai kepentingan saja, dan yakinlah bahwa keuntungan akan datang dengan sendirinya jika menjalankan tahap usaha dengan benar.

f.Memiliki ide antisipasi masalah bisnis : buatlah susunan rencana cadangan untuk mengatasi masalah yang sewaktu-waktu datang.

g.Rancang anggara anda : susun sesuai pos-pos penting untuk kelangsungan usaha yang dijalankan saat usaha terlihat makin menguntungkan.

h.Mulailah berbisnis sejak anda bekerja : itu berarti ada uang disaku anda ketika anda memulai proses memulai bisnis.

i.Jangan kerjakan sendirian : seorang anggota keluarga atau teman dekat yang dapat memberikan ide dan akan mendengar secara simpatik hal penting terakhir bisnis  tidak terniali harganya.

j.Pertama dapatkan klien atau pelanggan : dengan cara mengembangkan jaringan atau network  serta buat kontak dengan mereka.jual atau berikan jasa atau produk yang kita punya.

7.Kiat Praktis Wanita Berbisnis

a.Temukan peluang yang cocok : ada banyak macam usaha yang bisa kita kembangkan seperti produksi (usaha konfeksi busana muslim, kerajinan tangan, bakery), jual-beli (warung, MLM, toko), dan jasa (konsultan komputer, srsitektur, pembukuan, landscape), sedangkan konmmbinasi (konfeksi busana muslim dan outletnya).

Berikut ada beberapa pertimbangan saat menentukan usaha, antaralain pilihlah bisnis yang sesuai dengan kodrat anda sebagai muslimah, pilih bisnis yang tidak menyita waktu, dan pilih bisnis yang tidak terlalu menyita tenaga.

b.Perencanaan usaha : jangan hanya tergantung pada angan-angan saja, tapi harus terlebih dahulu meneliti jenis usaha yang akan dikembangkan, buatlah proposal kerja guna menyelamatkan kita dari kesulitan dimasa depan.Proposal tersebut berisi strategi bisnis, kebutuhan modal awal, ongkos rutin, estimasi pemasukan.

c.Lokasi : carilah tempat yang strategis dengan cara silaturahmi, menumpang lokasi seperti didepan mini market sehingga cenderung murah dari pada buka kios sendiri.

d.Modal : sebisa mungkin gunakanlah modal sendiri, meskipun butuh dana tambahan hindari peminjaman bank.Alternatif yang bisa diambil adalah melalui investor tapi dengan cara melakukan perjanjian yang jelas terlebih dahulu.

e.Eksekusi : saat siap melakukan usaha hal penting yang harus diperhatikan antara lain, promosi seprti membuat papan nama,menyebarkan lewat teman, bahkan menyebarkan brosur.Selain itu perlu juga adanya inovasi guna menarik minat pelanggan dan juga hemat untuk mengantisipasi masalah dana dikemudian hari.

8.Kiat Menghitung Modal Ala Safir Senduk

Pada prinsipnya ada tiga jenis modal yang dikeluarkan dalam menjalankan usaha, diantaranya :

a.Modal investasi awal : modal yang dikeluarkan pada awal memulai usaha untuk jangka waktu yang panjang seperti, bangunan, peralatan, kendaraan, dan perabotan kantor.

b.Modal kerja : modal yang dikeluarkan setiap bulan ketika datang order. Seperti bila kita membuka usaha kuliner kita mengeluarkan dana untk membeli bahan makanan.

c.Modal operasional : modal yang dikeluarkan guna membayar biaya oprasional bulanan dari usaha yang dijalankan. Seperti membayar gaji, pulsa telepon, PLN, air dan retribusi.

9.Modal Memulai Usaha

Berikut ini adalah beberapa modal yang harus disiapkan saat memulai usaha, diantaranya :

a.Pengalaman : merupakan modal penting yang harus dimiliki seseorang bila akan menjalankan sebuah usaha. Contoh pengalaman sebagai karyawan restoran, menjadi kunci sukses baginya dalam menciptakan peluang usaha makanan.

b.Pengetahuan : modal kedua yang harus disiapkan dalam menjalankan usaha.

c.Keahlian : digunakan dalam menjalankan usaha agar lebih cepat berkembang

d.Keberanian : yang dimaksud disini adalah keberanian dalam melawan rasa takut akan kegagalan dan mengelola segala resiko yang dimungkinkan

e.Konsep bisnis : merupakan arah untuk menjalankan roda bisnis

f.Networking : jaringan relasi digunakan untuk mempermudah dalam menjalankan usaha

g.Spiritual support : dukungan dan semangat dari lingkungan sekitar seperti keluarga, rekan, yang dilakukan dengan iman dan taqwa untuk membangun semangat dan motivasi diri kita hingga mencapai kesuksesan

h.Kreativitas dan inovasi : digunakan untuk menarik minat pelanggan serta untuk bersaing

i.Uang atau aset : besar kecilnya modal ini akan mempengaruhi besar kecilnya usaha

j.Keberuntungan : faktor ini akan datang pada saat yang tepat jadi jalankan proses perputaran bisnis kita dengan semangat yang tak kenal menyerah, kerja keras, inovasi, serta iman dan taqwa yang kuat.

10.Menyulap Hobi Menjadi Uang

Sudah bukan jamannya lagi mengandalkan gaji sebagai penggantung hidup, karena masih ada ancaman PHK yang sewaktu-waktu datang.jadikanlah hobi anda sebagai usaha yang harus ditekuni.Dengan cara bekerja dengan senang hati, sehingga dapat mengubah hobi menjadi bisnis.Cara-cara yang bisa ditempuh seperti, meluangkan waktu lebih banyak, menambah pengetahuan secara kontinue, belajar langsung dari orang yang ahli, tawarkan hasil karya anda dari satu toko ke toko yang lain.

11.Berbisnis Dengan Hobi

Ciri-ciri hobi yang bisa dijadikan sebuah usaha antara lain :

a.Marketable atau bisa dijual : dengan cara melakukan riset kecil dari hobi kita apakah disukai banyak orang, jika benar jadikanlan peluang tersebut sebagai usaha kita.

b.Menarik untuk ditekuni dalam jangka panjang : jika hobi tersebut bisa membuat kita semangat hingga 10 tahun kedepan maka itulah hobi yang pantas diperhatikan dan jadikanlah usaha

c.Bukan tren sesaat : hobi yang kita punya bukan hanya hal yang sedang diperbincangkan banyak orang dalam kurun waktu sesaat saja, tapi senantiasa berlangsung dalam waktu yang lama, semakin dicari dan di butuhkan orang banyak diwaktu sekarang dan waktu yang akan datang.Maka ini jenis hobi yang harus dikembangkan menjadi usaha.

Ingin tahu selengkapnya klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Saatnya Wanita Berwirausaha

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?ref=ts&fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s