Wanita Pendamping pria

Gambar

Peran wanita dukatakan penting karena banyak beban-beban berat yang harus dihadapinya, baik di dalam anggota keluarga, masyarakat, agama dan bangsa.Oleh karena itu, menjadi kewajiban kita untuk berterima kasih kepada ibu, berbakti kepadanya, dan selalu santun dalam bersikap kepadanya.

1.Wanita Sebagai Anggota Keluarga

Lingkungan keluarga yang sangat kondusif menentukan optimalisasiperkembangan pribadi, moral, kemampuan bersosialisasi, penyesuaian diri, kecerdasan, kreativitas juga peningkatan kapasitas diri menuju batas-batas kebaikan dan kesempurnaan dalam ukuran kemanusiaan.

A.Wanita Sebagai Ibu

Sabda Rasululloh SAW yang diriwayatkan oleh HR. ad- Dailami,”didiklah anakmu dan baguskanlah ahlaknya, dengan mengajarkan kepada mereka olah jiwa, dan memperbaiki akhlak”.Oleh sebsb itu mendidik anak adalah sebuah kewajiban, bukan pilihan karena ia adalah amanah dari Alloh SAW.

Ibu adalah guru pertama bagi anak-anaknya untuk belajar,oleh karena itu seorang ibu harus hati-hati dalam mendidik anak-anaknya karena mempunyai pengaruh yang amat besar.Peran ibu dalam mendidik anak-anaknya dapat di bagi menjadi tiga tugas penting, ibu sebagai pemuas kebutuhan anak, sebagai teladan atau model peniruan anak, dan sebagai sumber stimulasi bagi perkembangan anak.Ruamh merupakan sekolah pertama, anak belajar segalanya kepada ibu dan ayahnya.Sedangkan keluarga adalah suatu lembaga sosial yang besar peranannyabagi kesejahteraan sosial dan kelestarian angota-anggotanya terutama anak-anaknya.

1.Ibu Sebagai Sumber Pemenuhan Kebutuhan Anak

Fungsi ibu sebagai pemuas kebutuhan mempunyai arti yang besar bagi anak terutama saat anak dalam ketergantungan total terhadap ibunya yang berlangsung samapi ia sekolah bahkan menjelang dewasa.

Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan fisik (makan, minum, pakaian, tempat tinggal), kebutuhan psikis (kasih sayang, rasa aman, diterima, dihargai), kebutuhan sosial (memberi kesempatan kepada anak-anaknya untuk bersosialisasi dengan teman-temannya), dan kebutuhan spiritual (pendidikan yang menjadikananak mengerti kewajiban kepada Alloh SWT, Rasululloh SAW, orang tua dan sesama saudara).Kebutuhan ini berguna untuk mendidik anak berakhlak mulia, mengerti agama, bergaul dengan teman-temannya, menyayangi sesama saudaranya.

2.Ibu Sebagai Teladan Bagi Anaknya

Dalam mendidik anak seorang ibu harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya, karena perilaku orang tu khususnya seorang ibu akan ditiru dan dijadikan panduan dalam perilaku anak. Alloh SWT berfirman dalam QS. Al- Furqaan : 74, ”Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi golongan orang-orang yang bertaqwa”.

3.Ibu Sebagai Pemberi Stimulan Bagi Perkembangan Anaknya

Pertumbuhan berbagai organ tubuh pada anak pada saat lahir belumlah sepenuhnya lengkap, dan sangat ditentukan oleh rangsang yang diterima anak dari ibunya.Rangsangan tersebut berguna memperkaya pengalaman dan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak.

Pemberian stimulasi oleh seorang ibu meliputi dua bentuk, yakni stimulasi visual diberikan guna memperbesar perhatiannya terhadap lingkungan sekitar, sedangkan stimulasi verbal berguna memperkaya kemempuan bahasa anak.

B.Wanita Sebagai Istri

Sebagai istri wanita merupakan sahabat bagi seorang suaminya,dan mempunyai kewajiban dalam menjaga rahasia suami dam semua yang ada di dalam rumah suaminya, memiliki berbagai ketrampilan dan keahlian dalam memasak, menata rumah, menata penampilan, kesehatan juga dalam bidang keuangan.

1.Istri Sebagai Teman Hidup

Istri sebagai teman mengandung arti adanya kedudukan yang sama dengan suami seperti dalam berdiskusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi suami, jadi pendengar yang baik seperti mendengarkan keluh kesah suami setelah seharian bekerja sehingga dapat mengurangi beban dan memberi ketenangan pada suami.

2.Istri Sebagai Penasihat Yang Bijaksana 

Memberikan bimbingan terhadap suami agar senantiasa berjalan dijalan yang diridhai Alloh SWT, juga memberi nasihat-nasihat guna mengatasi masalah suami.

3.Istri Sebagi Pendorong Suami

Memberikan motivasi dan dorongan kepada suami demi jenjang karir suami, tidak boleh ambisius terhadap karir suami, jangan memaksakan kehendak bila suami tidak mampu dalam segala hal, pekerjaan dan tindakan.

4.Istri Sebagai Ibu Rumah Tangga

Peran utama seorang ibu sebagai kepala rumaah tangga adalah merencanakan dan mengatur kebutuhan rumah tangga, hidup sederhana, tidak kikir dan berorientasi ke masa depan.

C.Wanita Sebagai Anggota Masyarakat

Wanita memeiliki tanggung jawab terhadap lingkungan dan kondisi sosialnya, mampu menjadi pendakwah dalam masyarakat dengan cara memiliki pengetahan islam yang memadai, sesuai dengan tuntunan dan kebutuhan masyarakatnya, pendek kata dengan metode yang sesuai dengan tuntunan Rasululloh SAW

D.Wanita Sebagai Penunjang Ekonomi Keluarga

Mencukupi kebutuhan keluarga merupakan tugas dan tanggung jawab suami, namun sebagai partner dalam rumah tangga tidak salah jika istri juga berperan dalam membantu menyelesaikanmasalah ekonomi keluarga.Tentu dengan syarat tidak mengabaikan tugasnya sebagai istri dari suaminya dan ibu dari anak-anaknya. Peranan muslimah sangat penting dalam perekonomian keluarga untuk mendorong perekonomian umat karena beberapa hal berikut :

a.perekonomian umat saat ini masih sangat rendah serta ketidakrataan pendapatan dalam masyarakat, sehingga dibutuhkan partisipasi dariberbagai kalangan termasuk wanita

b.Wanita dapat menambah pendapatan untuk nafkah keluarga, walaupun tidak wajib tetapi bisa mengurangi beban keluarga.

c.Mampu mengembangkan kemandirian dan kreativitas muslimah, guna mengantisipasi situasi seperti suami di PHK, meninggal dunia, dan lain sebagainya

d.Dapat membantu bersedekah dan aktivitas sosial lainnya

e.Mempunyai kesempatan untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkannya.

Ingin tahu lebih lengkap klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Saatnya Wanita Berwirausaha

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s