Mulai Merintis Bisnis

Gambar

Begitu banyak peluang bisnis berada didepan mata. Tapi mengapa Syahrial Yusuf memilih bisnis lembaga pendidikan ? Alasannya : untuk mengatasi masalah pengangguran dengan membekali calon tenaga kerja agar menjadi profesional dan terampil.

1.Melirik Bisnis Lembaga Pendidikan

Pengalaman adalah guru yang paling baik, ketika menjadi General Manager selanjutnya Direktur di Koperasi Mahasiswa Unpad dalam setahun ia bisa merekrut 33 peagwai.Pengalaman tersebut memupuk jiwa wirausaha Syahrial untuk tumbuh dan berkembang dan menjadi modl utamanya dalam mendirikan bisnis.

Tahun 1988 ia mulai mendirikan LP3I (Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Profesi Indonesia) dengan dua alasan yaitu : ingin mengaplikasikan teori-teori yang telah ia temukan dalam skripsinya tentang fenomena pengangguran di indonesia beserta penanggulangannya, dan ia ingin menjadi pengusaha.

Dengan usaha yang keras akhirnya pada bulan Oktober 1988 ia mendapatkan pinjaman dari seorang investor sebesar 200 juta rupiah.Tanggal 29 Maret 1989 telah resmilah berdiri lembaga pendidikan LP3I, dengan berbekal pengalamannya menjadi General Manager di Koperasi Mahasiswa Unpad ia telah terbiasa memenej pekerjaan sendiri dan bekerja tak pandang waktu kerena mengingat pesaing waktu itu telah berdiri lebih dari 300 lembaga pendidikan kursus di Jakarta.Syahrial pun mempunyai siasat untuk memajukan usahanya pada tahun pertama dengan tidak hanya membuka kursus bahasa inggris, akuntansi dan komputer saja.

2.Modal Sukses Membesarkan LP3I

Menurut Syahrial memulai usaha itu bukan dari modal, tapi dari pengalaman sukses, bisa dari sukses diri sendiri ataupaun orang lain, syarat berikutnya adalah mempunyai banyak relasi karena mayoritas pengusaha itu tidak punya uang.Dengan adanya relasi maka antar pengusaha dengan relasi yang punya uang bisa bekerjasama dalam sebuah usaha.

Oleh karena itu seorang pengusaha harus memeiliki integritas yang baik dalam menjalankan bisnisnya seperti jujur, rasa percaya diri yang tinggi, memiliki jiwa optimis, dan tidak pernah putus asademi untuk meyakinkan investor.Dalam mendirikan LP3I, Syahrial baru mendapatkan pinjaman dari presentasinya yang ketuju bernama Alex yang mau menginvestasikan uangnya sebesar 150 juta rupiah.Karena yang dibutuhkan 200 juta rupiah maka Syahrial memberanikan diri meminjam ke Bank sebesar 50 juta rupiah agar ia mendapatka 50% saham dalam pendirian LP3I.

a.Enam Modal Merintis Bisnis

Berikut adalah enam modal penting yang haurs dimiliki seseorang dalam merintis usaha :

a.Kemauan dan keyakinan yang kuat

b.Memiliki pengalaman sukses, baik dari diri sendiri maupun orang lain

c.Menguasai jenis usaha yang akan dijalaninya

d.Memiliki cukup banyak relasi kerja

e.Memiliki modal dana, baik dari diri sendiri, pinajman personal ataupun bank

f.Mempunyai integritas yang baik, seperti jujur, percaya diri, optimis, dan tidak mudah putus asa.

3.Mendirikan Group Usaha Di Bidang Pendidikan

a.LP3I (College)

Fenomena tidak tertampungnya lulusan bergelar sarjana bukan milik era 2000-an saja tapi 20 tahun sebelumnya pun sudah terjadi.Menjelang akhir tahun 1980-an masalah tersebut belum ada yang bisa menyelesaikan baik dari pihak pemerintah maupun swasta, namun ada sekelompok generasi muda yang dimotori oleh M. Syahrial Yusuf yang merasa kesenjangan antara pendidikan dengan dunia kerja harus segera diantisipasi.

Atas dasar itulah LP3I didirikan di Jakarta pada tanggal 29 Maret 1989 dengan kampus pertama di Pasar Minggu-Jakarta selatan.Karena animo masyarakat yang semakin besar dan tidak hanya penduduk dari ibukota saja bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh maka LP3I membuka kampus-kampusnya hampir di setiap ibukota propinsi.

b.Universitas Azzahra

Berdiri tahun 1995,dengan Rektor pertamanya Prof. Dr. Baharudin Lopa, SH (Alm).kemudian digantikan oleh Dr. KH. Tarmizi Taher.MD setelah melalui proses terdaftar  tahun 1997-1998, dan pada tahu 2000 seluruh fakultas yang dimiliki terakreditasi oleh BAN-PT.

Pada tahun 2004 Universitas Azzahra mendirikan  Program Pascasarjana, dengan program studi Magister Perbankan dan Keuangan Syariah yang mandapat Surat Keputusan Pembentukan Program Studi dari Departemen Agama, Direktorat Jendral Pendidikan Islam pada tanggal 18 Agustus 2004 dengan nomor : Dj.II/275/2004 (lampiran 1), yang beralamat di Jl.Jatinegara Barat No. 144, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

c.STIAMI 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia didirikan pada tanggal 27 Januari 1983 oleh dosen-dosen senior FISIP UI.Kemudian mendapat status terdaftar pada tahun 1989 berdasarkan SK. Mendikbud RI. 0119/O/1989 dan status diakui pada tahun 1993 berdasarkan SK. Dirjen Dikti No. 61/DIKTI/KEP/1993.

d.Politeknik Bandung dan Medan

Sebagai lembaga pendidikan dibawah naungan LP3I yang didirikan di Bandung sesuai dengan SK. Mendiknas No. 199/D/0/2001, yang selanjutnya didirikan lagi di Jakarta dan Medan dengan berbasis pada ”Link and Match”.

e.LCC (LP3I Course Center)

Resmi berbadan hukum setelah dikeluarkannya akte No. 5 Tanggal 8 Desember 2005 yang kini memiliki akte perubahan No. 31 Tanggal 25 Maret 2009.Kini LCC telah memiliki lebih dari 100 cabang di seluruh Indonesia dengan sistem waralaba dan masyarakat sebagai investornya.

f.PT Nusa Gripindo : Perusahaan yang menaungi dan men-drive perusahaan Syahrial

g.PT Disya Aceh Sejati : Perusahaan yang menangani tender kontraktor, dan peternakan

h.Ar-Rahman Foundation : Lembaga sosial pengelola dan penyalur zakat LP3I Group

i.STIA Banten : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi didaerah Pandegalang, Serang

j.STIMIK : Sekolah Tinggi Ilmu Managemen Komputer Binasarana Global di Tangerang

k.PT. ASMI : Akademi Sekretaris Manajemen Indonesia di Banjarmasin

l.Penerbit Lentera Ilmu : Penerbit buku-buku diktat kuliah LP3I dan serial pengusaha

m.Lentera Printing : Divisi percetakan LP3I untk mencetak buku, brosur, dan diktat

n.PT. Lentera Citra Media : Advertising penerbit majalah youngster dan youngster online

o.SEQ Entrepreneur Center : Traning kewirausahaan yang berbasis spiritual

p.PT. Hexa Nusa Internasional : Air minum kemasan yang mengandung hexagonal

q.PT. Nuansa Aqsa Tama : Perusahaan properti dan konsultan pengembangan perumahan

r.Rumah Entrepreneur : Wadah penyalur pengembangan bakat dan pelatian entrepreneur.

Ingin tahu lebih lengakap klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Dari Aktivis Mahasiswa Menjadi Pengusaha Nasional

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s