Bagaimana Memulai Usaha

Gambar

Modal saja tidak akan cukup untuk memulai sebuah usaha karena langkah nyata itu paling penting. Lalu, bagaimana memulainya ? M.Syahrial Yusuf mengisahkan pangalamannya.

1.Lima Langkah Memulai Usaha 

Setelah enam langkat dapat diwujudkan, seseorang sudah bisa memulai merintis usahanya.Berdasarkan pengalamannya merintis LP3I, ada lima langkah yang Syahrial lakukan, diantaranya sebagai berikut :

a.Memilih SDM Berkualitas : apapun produknya asalkan didukung dengan SDM yang berkualitas pasti hasinya akan meningkat pesat.

b.Melengkapi Sarana dan Prasarana Perusahaan : Seperti LP3I kaserasian dan keharmonisan ruang serta suasana belajar adalah faktor penting dalam menunjang proses  belajr mengajar, seperti ruang kelas yang nyaman dengan dilengkapi AC, laboratorium komputer lengakp dengan perangkatnya, musahola sebagai sarana ibadah yang nyaman, kelas eksekutif bagi karyawan, kelas dilengkapi dengan OHP, laboratorium perhotelan, otomotif, elektronika, perkantorn, perpustakaan disediakan dicabang, ruang tunggu yang nyaman, tempat parkir yang  luas.

c.Menyeleksi dosen yang akan mengajar : harus selektif dan sesuai dengan standar yang ada

d.Membuat kurikulum sesuai dengan kompetensi yang ada : produk yang ditawarkan harus kompetitif, jika tidak ia akan ditinggalkan pelanggan.

e.Mekanisme kerja yang baik pada masing-masing bidang : harus memiliki batasan waktu agar target dan visi dapat dicapai.

2. Visi Misi Itu Penting 

Menurut M. Syahrial Yusuf misi adalah tugas utama yang harus dilakukan organisasi atau lambaga untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.Guna mencapai visi yang sudah ditetapkan maka diantara misis LP3I antara lain :

a.Mencetak sumber daya manusia yang siap kerja dengan kemampuan yang terampil dan profesional

b.Membentuk kepribadian sumber daya manusia yang memiliki jiwa dan kemampuan wirausaha

c.membentuk sumber daya manusia yang berbudi luhur

d.Membangun jaringan kemitraan dengan dunia usaha dan industri serta asosiasi profesi di dalam dan luar negeri

e.Memiliki networking melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

f.Menjadi lembaga pendidikan terbaik dengan kualitas bersetandar internasional

g.Memiliki jaringan di dalam dan luar negeri

h.Menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya dan bermanfaat bagi masyarakat

i.Memberikan kesejahteraan dan rasa aman bagi karyawan dan keluarganya.

3.Meluruskan Makna Sukses

Kesuksesan dalam Islam berarti ditandai dengan bahagia di dunia dan juga di akhirat kelak, dengan cita-cita yang terlantun dalam QS. Al- Baqarah : 201, ”Ya Tuhan kami, berilaaah kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Menurut Syahrial orang dikatakan sukses bila ia sudah mengoptimalkan dirinya, baik secara mental maupun ilmu untuk kebaikan orang lain serta dapat berkarya dengan tujuan akhir untuk beribadah kepada Alloh SWT, sedangkan kekayaan yang didapatkan di dunia hanyalah amanah dari Alloh SWT yang akan dimintai pertanggung jawabannya di Yaumil Akhir.

4.Menghalau Hambatan Bisnis

Menurut Syahrial ada lima hal yang bisa menghalangi dan menghambat saat merintis bisnis.

a.Membangun tim kerja yang solid : dalam tahun ketujuh setelah berdirinya LP3I, 9 dari 13 karyawannya keluar dan mendirikan usaha yang sama diluar LP3I namun Syahrial hanya bisa mengintropeksi diri karena semua adalah kehendak Alloh SWT.

b.Menemukan Corporate Culture yang realistis dan sesuai dengan jenis usaha : diantaranya, selalu meniatkan kerja sebagai ibadah, memberi salam ketika bertemu dan masuk kantor, membaca basmalah, shalawat dan kultum ketika memulai rapat, pemotongan 2,5% sebagai zakat,infaq dan sedekah, shalat tepet waktu dan berjamaah, i’tikaf, saling mendo’akan, yasinan bersama dan menggalakan membaca buku.

c.Masalah permoadalan : mencari orang yang sevisi dengan usaha yang digeluti, untuk mengetahui konsep hidup seseorang bisa dijawab melalui 5W (what, who, where, why, when) dan 1H (how) dalam hidup.

d.Mengembangkan relasi : dengan cara berorganisai (menjadi senat, HMI, Ketua III BKKMAPBSP), mengikuti berbagai seminar motivasi dan bisnis.

e.Kekuatan mental dan motivasi : mental seorang pengusaha kerap kali naik turun, adapun cara yang ditempuh Syahrial dalam mengatasi LP3I pada awal-awal tahun dengan selalu aktif dalam berbagai organisasi pengusaha atau mengisi trening wirausaha, tiap 2-3 bulan sekali melakukan pertemuan dengan konsultan pribadi, dan mengikuti seminar-seminar bisnis.

5.Mengelola Keuangan Perusahaan, Bagaimana ?

Jangan sampai mencampurkan antara keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan karena akan berdampak pada pemborosan, lebih baik mencari seseorang yang paling dipercaya untuk memegang keuangan perusahaan. Ingin tahu kisah selengkapnya klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Dari Aktivis Mahasiswa Menjadi Pengusaha Nasional

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial,SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?fref=ts

Twittre : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s