Jadilah Tangan Di Atas

1.images (10)

”Suatu sedekah tidak akan mengurangi harta, Alloh tidak akan menambah pada seorang hamba yang suka memberi maaf kecuali kemuliaa, dan seseorang tidak merendahkan diri karena Alloh kecuali Alloh mengangkat orang tersebut.” (HR. Muslim)

1.Keajaiban Memberi ”Barangsiapa dibukakan baginya pintu kebaikan 9rezeki) hendaklah memanfaatkan kesempatan itu (untuk berbuat baik) sebab dia tidak mengetahui kapan pintu itu akan ditutup baginya.”                           (HR. Asysyihaab)

Berikut adalah hal-hal yang dirasakan tokoh dunia berkaitan dengan keajaiban memberi : a.Andrew Carnegie : seorang pengusaha sukses pendiri Carnegie Steel mengatakan, tak ada yang bisa menjadi kaya tanpa memperkaya orang lain. b.John Rockefeller : pendiri Standard Oil, mengatakan tuhan memberi saya uang sebagai berkah yang harus dimanfaatkan untuk kebaikan umat manusia. c.Ted Turner : peendiri TBS, mengatakan dunia dan kehidupan tekah baik kepada saya dan saya ingin memberikan sesuatu sebagai balasannya. d.Operah Winfrey : MC televisi dan pendiri Harpo, mengatakan saya tahu pasti bahwa apa yang anda berikan akan kembali kepada anda.

2.Kewajiban Memberi Bagi Kita ”Shalat itu mengantarkanmu setengah jalan, puasa itu mengantarmu ke pintu kerajaan, dan sedekah itu membawamu masuk ke dalamnya.” (Sahl bin Abdullah at Tusturi)

Berikut adalah aktivitas sehari-hari dengan amalan sedekah para dari Sahabat Rasululloh SAW dan Tabiut Tabi’in sesudahnya, diantaranya :

a.Abu Bakar Siddiq RA : banyak membebaskan para budak, dan memerdekakannya, menginfakan 9 toko untuk tegaknya agama Islam.

b.Utsman bin Affan RA : membeli sumur yang jernih dari seorang yahudi seharga 200.000 Dirham dan diwakafkan untuk kepentingan umum, membeli tanah disekitar Masjid Madinah untuk memperluasnya, mendermakan 1000 ekor unta dan 70 ekor kuda 1000 Dirham unutk perang Tabuk, memberikan gandum yang diangkut dengan 1000 ekor unta untuk membantu kaum miskin yang menderita dimusim kering.

c.Abdurrahman bin ‘Auf RA : memberikan seluruh barang yang dibawa khafilah perdagangannya yang diangkut 700 unta untuk penduduk kota Madinah, bersedekah sebanyak 4000 Dinar atau separuh dari hartanya, menanggung biaya orang jihad seharga 500 ekor kuda dan 500 ekor unta.

d.Ali bin Husein bin ‘Ali bin Abi Thalib Al- Hasyimi Al- Madani : menanggung biaya hidup seratus keluarga miskin di Madinah, menyedekahkan makanan berupa tepung di malam hari secara sembunyi-sembunyi sehingga meninggalkan bekas hitam pada punggungnya.

e.Abdullah bin Al- Mubarak Al- Marwazi : membantu orang miskin dengan menyumbangkan harta yang besar  setiap tahun, membiayai perbekalan orang-orang yang haji bersama beliau, menanggung biaya hidup imam besar ahli hadits dizamannya.

f.Abu Hanifah : membelikan makanan dan pakaian bagi Qari, ahli hadits, ulama fiqih, menyumbangkan apa yang ia berikan kepada keluarganya sama besar dengan yang diberikan untuk orang yang menghjatkannyan,bila ia membeli baju baru maka ia akan memberikan sedekah kepada rakyat miskin sebesar harga baju barunya. beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari bersedekah, diantaranya : a.Alloh SWT akan memberikan balasan didunia berlipat ganda. b.Alloh SWT akan menjauhkan kita dari azab-Nya. c.Alloh SWT akan memudahkan setiap kesulitan kita d.Alloh SWT akan menghilangkan kesusahan kita dihari kiamat.

3.Apa Yang Harus Kita Berikan :”Sesungguhnya kalian tidak akan cukup memberi manusia dengan harta kalian, tetapi kalian akan cukup memberikan kepada mereka dengan wajah yang berseri dan akhlak yang baik.”                (HR. Abu Ya’la)

Menurut Harvey McKinnon dan Azim Jamal dalam bukunya Memberi untuk Menerima beberapa hal yang dapat kalian berikan kepada orang lain diantaranya, cinta, tawa, ilmu pengetahuan, ke-pemimpinen, harapan, kehidupan, waktu, uang, keahlian, kesehatan, sentuhan, perhatian, dan nasihat.Jangan pernah meremehkan tindakan memberi apalagi menganggapnya sebagai tindakan sia-sia belaka, karena tidak ada yang sia-sia dalam kebaikan yang kita lakukan sekecil apapun itu.

4.Kekuatan Memberi ”Orang yang dermawan akan dimuliakan, orang yang bakhil akan dihinakan.Manusia yang paling dermawan memberikan harta-hartanya kepada orang yang tidak mengharapkannya.”              (Husein bin Ali RA)

Berikut adalah contoh-contoh aktivitas yang dapat dilakukan dengan senantiasa memberi, diantaranya : a.Berikan 10% modal kalian ketika membuka usaha : dengan cara berinfaq atau bersedekah kapada orang miskin anak yatim dan sebagainya. b.Berbagi cinta : senantiasa selalu mencintai Alloh dan Rasul-Nya, orang tua kita, para mujahidpreneur pendahulu, usaha, pegawai, pelanggan, lingkungan, bahkan orang yang memusuhi kita. c.Berikan kepedulian kalian : dengan ini maka kita akan mendapatkan banyak hal positif. d.Motivasilah sekitar kalian : dengan cara pujian, harapan maupun conto yang baik kita dapat memotivasi sekitar kita untuk maju dan berkembang lebih baik. e.Balaslah apapun yang terjadi dalam hidup kalian dengan kebaikan : jangan membuang energi untuk membalas kejahatan dengan kejahatan pula. f.Bersyukur : pemberian yang diterima dan semua yang telah Alloh SWT berikan terhadap kita hari ini. g.Murah senyum : berdasarkan survai The Smiling Report 2009 Indonesia merupakan negara paling murah senyum didunia sejajaar denga Hongkong dengan skor 98%. h.Pengetahuan : mengamalkan ilmu yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan.

5.Abdurrahman Bin ‘Auf RA  Merupahan 6 dari sahabat Rasululloh SAW yang menjadi mujahidpreneur islam tersukses sepanjang masa, dan juga seorang pemberi yang ulung.Beliau menyumbangkan seluruh barang bawaannya dengan jumlah 700 ekor unta untuk penduduk Kota Madinah, bersedekah separuh hartanya dengan jumlah 4000 Dinar yang ditambah 40.000 dinar, menanggung biaya keperluan berjihad dijalan Alloh seharga 500 ekor kuda dan 500 ekor unta, sepertiga hartanya dipinjamkan pada para penduduk Madinah yang berserikat dengan beliau, sepertiganya untuk membayari hutang-hutang mereka, sepertiganya lagi dibagi-bagikan untuk mereka. Ingin tahu kisah selengkapnya klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.3  

             Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s