Tambah Temanmu Hilangkan Musuhmu

3.images (10)

”Janganlah kalian saling dengki, janganlah saling menipu, janganlah saling membenci, janganlah saling membelakangi, dan jangan kalian membeli suatu barang tang akan dibeli orang.Jadilah kalian hamba-hamba Alloh yang bersaudara.Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, tidak layak untuk saling menzhalimi, berbohong dan acuh kepadanya, Taqwa itu ada disini (Rasululloh SAW menunjuk dadanya 3 klai). Cukuplah seseorang dikatakan jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Harum bagi seorang muslim dari seorang muslim yang lainnya, darahnya, hartanya, dan harga dirinya.”   (HR. Muslim)

1.Mengapa Harus Bersilaturahmi

”Barangsiapa yang senang dengan lama hidupnya yang bertambah, dan rizki yang bertambah, dan kematian yang jahat akan dihindarkan darinya, maka bertaqwalah kepada Alloh, dan binalah tali silaturahmi.” (HR. Ahmad)

Pentingnya bersilaturahmi agar kita senantiasa tidak akan terputus dari rahmat Alloh SWT dan memiliki dimensi yang luas serta kaya dalam kehidupan kita, serta dalam dunia usaha silaturahmi dapat memperluas jaringan pertemanansehingga bisa saling memberikan manfaat satu sama lain sesuai dengan keahlian masing-masing.

2.Silaturahmi Itu Wajib Hukumnya

”Janganlah kamu saling membenci, saling mendengki dan saling bermusuhan, tetapi jadilah kamu hamba-hamba Alloh yang bersaudara.Tidak halal seorang muslim mendamaikan (tidak menyapa)saudaranya lebih dari tiga hari.” (HR. Muslim)

Ibnu Abidinal Hanafi mengatakan menyambung tali silaturahmi itu wajib meskipun hanya dengan mengucapkan salam, memberi hadiah, memberi pertolongan, duduk bareng, mengobrol, bersikap ramah dan berbuat baik.Oramg yang menyambung tali silaturahmi juga akan mendapat balasa didunia berupa kedekatan denga Alloh SWT, diperluas rizkinya, dipanjangkan umurnya, dimakmurkan rumahnya, tercegah dari mati dengan cara tidak baik, dicintai Alloh dan keluarganya.

3.Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi

”Barangsiapa ingin dimudahkan rezekinya dan di panjangkan umurnya, maka hendaklah ia bersilaturahmi.”  (HR. Muttafaqun Alaih)

Dalam dunia usaha menjalin silaturahmi sangatlah penting dilakukan meskipun itu dengan para pesaing kita, jangan sekali-kali menganggap pesaing kita adalah musuh yang haris dihancurkan, karena praktek saling menyakiti hanya akan membawa kita pada suatu kehancuran.Sesungguhnya banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya pesaing-pesaing dalam dunia usaha, diantaranya :

a.Keberadaan mereka akan memperbesar pasar, sebab tanpa pesaing usaha kita tidak akan berkembang.

b.Kita dapat mempelajari pesaing yang bagus dalam bisnisnya dan mengambil contoh hal yang baik serta bermanfaat darinya.

c.Selain meniru, kita pun dapat melakukan diferensi atas mereka yakni menciptakan hal yang berbeda dari pesaing yang ada.

4. Bangunlah Tim Kerja Kalian

”Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala urusan, sedangkan saling bermusuhan menyababkan seluruh kegiatan itu berhenti.”           (Bediuzzaman Said Nursi)

Beberapa perusahaan besra yang dimulainya dengan suatu pertemanan,diantaranya :

a.Bill Gates mambangun microsoftdengan sahabatnya Paul Allen

b.Mark Zuckerberg membangun facebook bersama sahabatnya Eduardo Saverin dan Dustin M.

c.Larry Page membangun google bersama temannya Sergey Brin

Langkah-langkah yang harus dimiliki dalam membangun sebuah tim, diantaranya :

a.Berbagi visi : tim adalah tempat berbagi visi yang berorientasikan akhirat.sehingga dapat terjalin keselarasan dalam hubungan kerja.

b.Saling melengkapi : dari keragaman yang dimiliki masing-masing dalam sebuah tim akan memperkuat fungsi dan memperkaya khazanah dan kompetensi dari tim kerja kita.

c.Jalinlah komunikasi dengan baik : harus dilandasi dengan kejujuran agar tercipta rasa saling percaya satu sama lain dalam satu tim.

d.Terima kekurangan mereka : saling memotivasi dan selau menerima kekeurangan orang lain dalam tim akan mudah membangun sinergi dalam tim kerja.

e.Ucapkan terima kasih : selalu ucapkan terimakasih atas kontribusi yang telah mereka berikan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan begitu mereka merasa dihargai dan dapat bekerja lebih baik.

f.Konsisten : selalu konsisten dalam perkataan dan perbuatan sehingga termotivasi untuk kerja lebih baik.

g.Ikhlaslah pada orang yang memiliki kelebihan dalam tim kerja kita : berilah kesempatan kepada orang yang memiliki kemampuan yang memadai untuk ambil bagian dari tanggung jawab yang dipikulnya.

5.Imam Junaid Al- Baghdadi

Seorang ulama sufi dan wali Alloh yang menyusun dan membahas ilmu tasauf dengan ijtihdnya.Beliau juga seorang mujahidpreneur yang sukses dan memiliki gedung perniagaan di kota Baghdad. ingin tahu kisahnya lebih lanjut klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.3

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?ref=ts&fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s