Ayo Kita Menabung

1.2images (10)

”Alloh akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan uang secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk dapat menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya.” (HR. Muslim dan Ahmad)

1. Mengapa Kita Harus Menabung

”Menghemat dalam nafkah separuh pendapatan (belanja), dan mengasihi serta menyayangi orang lain adalah separuh akal, sedangkan bertanya dengan baik adalah separuh ilmu.”       (HR. Ath- THabrani)

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membelanjakan uang, diantaranya :

a.Apakah barang itu memang harus dibeli : tahanlah keinginan kita untuk membeli suatu barang bila masih bisa dengan cara meminjam kepada teman atau kerabat.

b.Apakah sudah diperiksa ditempat lain : bandingkan harga barang yang hendak kita beli dengan harga ditempat lain.

c.Sudah tidur atau belum : memberi jeda untuk berpikir rasional dan akan membantu kita mengurangi emosional untuk berbelanja sesuatu.

d.Apakah memang membutuhkannya : jangan membeli suatu barang bila benar-benar tidak membutuhkannya karena hanya membuatnya mubadzir.

e.Apakah ada manfaatnya : harus benar-benar bermanfaat bagi kita atau lingkungan sekitar kita.

f.Lihat sekitar kita : bila ingin membeli barang yang mahal harganya lihat dulu di sekitar kita masih banyak orang-orang yang hidup serba kekurangan,oleh karena itu sebelum membeli barang tersebut sebesar apa kita sanggup memberi sedekah kepada mereka.

2.Manfaat Memiliki Tabungan

”Tidak kecewa orang yang istikharah (memohon pilihan yang lebih baik dari Alloh SWT), tidak menyesal orang yang bermusyawarah dan tidak akan melarut orang yang hidup hemay.”       (HR. Ath- Thabrani)

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari hemat dan gemar menabung, diantaranya :

a.Menghindarkan kita dari sifat boros : sifat boros adalah pangkal penyebab orang tergoda untuk korupsi karena penghasilannya seakan tida pernah cukup.

b.Belajar menentukan prioritas : bila menginginkan sesuatu yang besar maka harus memilih menunda penggunaan uang dan menyisihkan serta menginvestasikannya untuk kebutuhan tersebut.

c.Menghindarkan kita dari berhutang : dengan uang yang kita tabung akan dapat mengurangi beban atau membayar hutang.

d.Belajar mengendalikan diri : menghargai setiap proses usaha yang dilakukan dengan mengendalikan diri dari nafsu dari hal yang ingin didapatkan.

e.Belajar mengelola keuangan : sangat berguna saat akan mendirikan suatu usaha.

f.Belajr berinvestasi : proses menabung yang berorientasi pada tujuan tertentu.

g.Melatih kecerdasan finansial : kemampuan untuk mengelola sumber daya baik dari dalam maupun dari luar untuk menghasilkan uang.

h.Belajar meraih tujuan : tidak mudah menyerah karena sadar setiap uang yang disisihkan akan mendekatkan kepada tujuan yang di inginkan.

i.Melatih kecerdasan emosi : mampu mendengarkan bisikan emosi sebagai sumber informasi penting untuk memahami diri sendiri dan orang lain demi mencapai tujuan.

j.Belajar untuk bersabar : bersabar dengan sepenggal waktu tenggang antara pelaksanaan dengan hasilnya.

k.Beelajar menyimpan kelebihan untuk menghadapi kesulitan : belajar menyisihkan dana untuk menghadapi krisis yang tidak terduga di masa mendatang.

3.Biasakan Dari Menabung

”Kamu tidak akan dapat meraih apa yang kamu cita-citakan kecuali dengan bersabar menghadapi apa yang tidak kamu sukai.” (Hasan al Bashri)

Berikut ini beberapa cara agar dapat membiasakan diri untuk menabung :

a.Segera menabung setelah kalian menerima penghasilan : menyisihkan sebagian dari penghasilan sebelum menggunakan untuk keperluan lainnya.

b.Hemat unag saku kalian : dapat ditempuh dengan membawa bekal makanan dari rumah, dan mengurangi kebiasaan membeli jajanan diluar.

c.Pisahkan rekening pengeluaran dengan rekening tabungan : untuk memonitor dengan baik kedua rekening diusahakan berada pada bank yang sama

d.Tentukan jumlah uang yang ingin kalian tabung : sisihkan sekitar 10% sampai 30% dari penghasilan untuk di tabung.

e.Anggap tabungan sebagai pengeluaran dan lupakan : sehingga kalian menganggap ini sebagai kewajiban dan dapat melakukannya dengan rutin.

f.Catatlah dengan segera pengeluaran kalian : setelah mengetahui besarnya pengeluaran kalian akan terpacu untuk lebih berhamat.

g.Atur pengeluaran kalian dan tabung setiap kelebihan di ahir bulan : anggap sebagai bonus tambahan gaji yang diperoleh.

h.Jangan pernah mengandalkan uang sisa : hanya akan sia-sia karena biasanya tidak ada sisa, walaupun ada jumlahnya biasanya sedikit.

I.Berdayakan uang kembalian : merupakan sumber yang penting dan sangat sepele bila rutin melakukan jumlahnya lumayan besar.

j.Secara bertahap naikkan presentase uang yang kita tabung : bisa dilakukan dengan cara lebih berhemat dan berusaha meningkatkan penghasilan.

4.Azim Premji

Seorang pengusaha  muslimyang diklaim paling kaya saat ini dengan jumlah kekayaan 17 Miliar Dolar Amerika, pengusaha muslim terkaya berikutnya adalah Sulaiman Kerimov ”Jawara” asal Rusia dengan total kekayaan 14 Miliar Dolar Amerika, sementara Naseer Al- Kharafi dari Kuwait berada di urutan ketiga dengan jumlah kekayaan mencapai 11 Miliar Dolar Amerika. Ingin tahu kisah selengkapnya klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.3

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Penduru LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?ref=ts&fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s