Menjadi Khalifah Di Bumi

2.8images

”Sesungguhnya kami menjadikan kamu khalifah (pengganti) di muka bumi. Maka berilah keputusan (perkara) diantara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dan dari jalan Alloh. Sesungguhnya orang-orang sesat dari jalan Alloh akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan.”       (QS. Shad : 26)

Khalifah menurut bahasa berarti wakil, pangganti, orang yang menggantikan orang sebelumnya.

1.Mengapa Harus Menjadi Khalifah

”Kemudian kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat.” (QS. Yunus : 14)

Menjadi khalifah terbaik dihadapan Alloh SWT dapat mengkukuhkan kita menjadi seorang mujahidpreneur yang berkualitas dan mampu membangun bangsa serta agama menjadi bangsa yang unggul dan tidak lagi diremehkan bangsa lain.

2.Fungsi Khalifah Di Bumi

”Dialah yang menjadikan bumi ini  mudah bagimu, maka berjalanlah disegala penjurunya dan makanlah sebagian dari rizki-Nya.Dan hanya kepada-Nyalah kamu 9kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al- Mulk : 15)

Beberapa fungsi khalifah dimuka bumi antara lain : bertanggung jawab atas pengelolaan alam semesta demi kesejahteraan umat manusia, mampu menyebarkan kebaikan, menegakan kebenaran, membasmi kebatilan serta menegakan keadilan.

3.Tanggung Jawab Kita Sebagai Khalifah

”Nilailah manusia dengan amal mereka, jangan pedulikan perkataan mereka, karena Alloh SWT tidak membiarkan suatu perkataan kecuali menjadikan amal sebagai bukti atas perkataan itu, apakah ia benar atau dusta.” (Hasan Al Basri)

Seorang khalifah dibumi memiliki tanggung jawab yang besar, seperti senantiasa menciptakan harmonisasi di alam raya, mampu menanggulangi dampak buruk dari penciptaan berbagai teknologi, ikut andil dalam menghijaukan hutan kita sebagai paru-paru dunia, menciptakan teknologi yang ramah lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan sebagai wujud rasa menghargai terhadap lingkungan, tidak menggunakan energi secara berlebihan.

4.Umar Bin Khatab

Beliau dilahirkan di Makkah 40 tahun sebelum hijrah, beliau masuk islam pada usia 27 tahun pada bulan Dzulhijah tahun ke-6 kenabian dan sebagai salah satu dari 17 orang Makkah yang terpelajar ketika kenabian di anugrahka kepada Muhammad SAW.ingin tahu lebih lengkap klik disini LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.2

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?ref=ts&fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s