Jadilah Mujahidpreneur Yang Mencintai Alloh Dan Rasul-Nya

1.5images (10)

”Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Alloh, mereka itu mengharaokan rahmat Alloh, dan Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Baqarah : 218)

1.Memaknai Jihad Di Jalan Alloh

”Kalau kamu melakukan perdagangan dengan riba, hanya menjadi peternak-peternak dan senang hanya dengan bertani saja dan meninggalkan jihad (perjuangan) maka Alloh akan menimpakan kehinaan atasmu. Kamu tidak dapat mencabut kehinaan itu sehingga kamu kembali kepada Ad Dienmu.” (HR. Abu Dauwud dan Ibnu Majah)

Jihad yang paling utama adalah jihad melawan dan mengalahkan hawa nafsu serta menekan ego pribadi untuk memenangkan keluhuran budi atau kemuliaan ahlak.

2.Menjadi Mujahidpreneur Yang Mencinta

”Seseorang tidak akan mendapatkan manisnya iman sehingga ia mencintai seseorang, tidak mencintainya kecuali karena Alloh, sehingga ia dilemparkan ke dalam api lebih ia sukai dari pada kembali kepada kekufuran setelah Alloh selamatkan darinya, dan sehingga Alloh dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selainnya.” (HR. Al Bukhari)

Peranan cinta dalam kehidupan sehari-hari sangat lah besar, seperti yang diungkapkan oleh beberapa tokoh dunia diantaranya :

a.Emmet fox : hanya dengan cinta kesulitan dapat diatasi, sakit dapat diobati, pintu dapat dibuka, teluk dapat dijembatani, dinding dapat diruntuhkan, dosa dapat diampuni.

b.Mahatma Gandhi : cinta tidak pernah meminta, ia senantiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah mendendam atau membakas dendam.

c.Stephen Covey : cinta adalah kata kerja bukan kata sifat, bukan sekedar kata-kata atu rasa tapi sikap yang harus dilakukan guna mewujudkan rasa cinta kita.

d.Kahlil Gibran : hanya dengan cinta yang indah kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan,

e.Oliver Wendell Holmes : cinta adalah kunci utama yang dapat membuka gerbang kebahagiaan.

f.Jalaludin Rumi : jika engkau bukan seorang pencinta maka jangan pandang hidupmu adalah hidup.

g.Ibnu Qayyim : cinta itu mensucikan akal, mengenyahkan kekhawatiran, memunculkan keberanian, mendorong berpenampilan rapi, membangkitkan selera makan, menjaga ahlak mulia, membangkitkan semangat, mengenakan wewangian, memperhatikan pergaulan yang baik, serta menjaga adab kepribadian.

3.Keutamaan Mencintai Alloh SWT

”Katakanlah jika kamu (benar-benar) mencintai Alloh, ikutilah aku, niscaya Alloh akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”       (QS. Al- Imran : 31)

Tahapan-tahapan agar cinta kepada Alloh SWT dapat berlabuh dalam hati kita, diantaranya :

a.Membaca Al- Qur’an dengan merenung dan memahami kandungan maknanya sesuai dengan maksudnya yang benar.

b.Taqarub kepada Alloh SWT melalui ibadah-ibadah sunnah setelah melakukan ibadah-ibadah yang fardu terlebih dahulu.

c.Melanggengkan dzikir kepada Alloh SWT dalam segala tingkah laku, melalui lisan, kalbu, amal dan perilaku.

d.Cinta kepada Alloh SWT melebihi cinta kepada diri sendiri.

e.Kontinuitas musyahadah (menyaksikan) dan ma’rifat (mengenal) Alloh SWT.

f.Menghayati kebaikan, kebesaran, dan nikmat Alloh SWT lahir dan batin akan mengantarkan kepada cinta hakiki kepada-Nya.

g.Kusyu’ yakni ketundukan hati secara total dihadapan Alloh SWT.

h.Tahajud

i.Bergaul dengan orang-orang yang mencintai Alloh SWT.

j.Menjauhi sebab-sebab yang menghalangi komunikasi kalbu dengan Alloh SWT.

4.Keutamaan Mencintai Rasululloh SAW

”Tidaklah beriman secara sempurna salah seorang dari kamu sehingga aku lebih ia cintai dari pada orang tuanya, anaknya, dan segenap manusia.” (HR. Al- Bukhari)

Keluhuran dan kemuliaan sosok Nabi Muhammad SAW sangat membuat kagum tokoh-tokoh dunia meskipun mereka adalah non muslim, seperti :

a.James A. Michener : Muhammad seorang inspirator yang mendirikan islam, dilahirkan tahun 570 M dalam masyarakat arab penyembah berhala.Yatim sejak kecil, pada umur 20 tahun ia sudah menjadi seorang pengusaha sukses yakni pengelola bisnis seorang janda kaya.Pada usia 25 tahun majikannya melamarnya meski terpaut 15 tahun lebih tua umurnya dibandingkan dia.

b.Mahatma Gandhi : tokoh yang paling mempengaruhi manusia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad, serta pengabdian luar biasa kepada teman dan pengikutnya, tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya kepada tuhan dan tugasnya.

c.Thomas Carlyle : betapa menakjubkan seorang manusia sendirian dapat mengubah suku-suku yang saling berperang dan kaum nomaden menjadi sebuah bangsa yang paling maju dan paling berperadaban hanya dalam waktu kurang dari dua dekade.

d.Annie Besant : sangat mustahil bagi seseorang yang mempelajari karakter Nabi Bangsa Arab, yang mengetahui bagaimana ajarannya dan bagaimana hidupnya untuk merasakan hormat selain kepada beliau salah satu utusan-Nya.

5.Nyatakan Cinta Kalian

”Barangsiapa mencintai sesuatu maka dia akan menyebut-nyebutnya.” (Ali bin Abi Thalib RA)

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika mencintai Alloh SWT dan Rasul-Nya, diantaranya :

a.Cinta menjadi kenikmatan dalam beribadah : senantiasa semangat untuk menebar kebaikan dan terhindar dari segala larangan-Nya.

b.Sebagai hiburan ketika tertimpa musibah : rasa cintanya akan membuat ia lupa akan musibah yang telah menimpanya.

c.Cinta kepada Alloh SWT akan menghilangkan rasa was-was : cinta yang menghujam di hati akan menghilangkan keragu-raguan terhadap yang dicintainya.

d.Ikhlas pada saat kita marah dan cinta karena Alloh SWT dan Rasul-Nya : keikhlasan hadir pada saat kita menyatakan cinta dan benci, memberi atau menolak, ridha dan marah kepada seseorang atau sesuatu karena kecintaan kita kepada Alloh SWT dan keinginan membela agam-Nnya, bukan untuk kepentingan pribadi kita.

e.Senang berkorban untuk orang lain : mendapat dorongan dari dalam hati bukan karena keinginan secara lahiriah untuk senantisa berkorban demi orang lain yang membutuhkan.

f.Menghargai kesetaraan : mendorong kita untuk menganggap orang lain lebih berharga dan patut di hormati meskipun status sosialnya dibawah kita.

g.Merupakan kesempurnaan nikmat dan puncak kesenangan : selalu merasa tidak ada yang dicintai dlam hatinya selain pencipta dan Pengaturanya, Dialah sesembahannya yang diibadahi, walinya, Rabbnya, pengaturnta, pemberi rizkinya, yang mematikan dan menghidupkannya.

6.Utsman Bin Affan RA

Lahir pada tahun ke-6 tahun Gajah atau 5 tahun lebih muda dari Rasululloh SAW, sekitar 575-656 M menjadi Khulafaur Rasyidin yang ke-3 dengan nama lengkap Utsman Bin Affan Al- Amawi Al- Quarisyi.Beliau menikahi 8 wanita dan 4 diantaranya meninggal yakni Fakhosyah, Ummul Banin, Ramlah, danNailah.Dari perkawinannya beliau dikaruniai 9 anak laki-laki, yaitu : Abdullah Al- Akbar, Abdullah Al-Ashgar, Amru, Umar, Kholid, Al- Wahid, Sa’id, dan Abdul Muluk.Ingin tahu kisah selengkapnya klik disini : LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.2

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?ref=ts&fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s