Orientasi Mengejar Akhirat

2.9

”Barangsiapa yang menjadikan kegelisahannya, kegundahannya, cita-citanya, tujuannya hanya satu yaitu akhirat maka Alloh akan mencukupi semuanya dari semua keinginannya.Barangsiapa yang keinginannya, cita-citanya, bercerai berai kepada keadaan-keadaan dunia, materi duniawi, yang dipikirkannya hanya itu saja maka Alloh tidak peduli dilembah manapun dia binasa.”   (HR. Ibnu Majah)

1.Keutamaan Memilki Orientasi Akhirat

”Apabila akhirat ada dalam hati, maka akan datanglah dunia menemaninya. Tapi apabila dunia ada di hati, maka tidaklah akhirat akan menemaninya. Itu karena akhirat mulia dan dermawan, sedangkan dunia adalah hina.”(Abu Sulaiman Ad-Darani)

Keutamaan memeiliki orientasi akhirat kita dapat menyadari bahwa kehidupan didunia hanya sementara, kematian bukanlah akhir dari hidup tetapi awal dari kehidupan yang kekal di akhirat nanti.Oleh karena itu niatkanlah semua perbuatan dan tingkah laku kita untuk beribadah kapada Alloh SWT.

2.Keuntungan Memiliki Orientasi Akhirat

”Dan barangsiapa yang akhirat adalah semangat dan hasratnya dan kepada-Nya ia mencurahkan perhatian dan untuk-Nya ia berniat, niscaya Alloh SWT menjadikan kekayaan didalam hatinya dan dia memperbaiki segala urusannya, dan kekayaan dunia datang kepadanya dalam keadaan hina.” (HR. Bazzar, Tthabrani, Ibnu Hibban)

Berikut adalah keuntungan memiliki orientasi akhirat, diantaranya :

a.Kaya hati : memiliki kekayaan jiwa yang luar biasa, mau berbagi dengan orang-orang disekitarnya meskipun ia dalam keadaan yang sulit.Alloh SWT berfirman dalam QS. Ali Imran : 133-134”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya baik diwaktu lapang maupun sempit, dan 0rang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang.Alloh menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

b.Semua urusan menjadi baik : selalu menjaga diri dari semua bentuk penyelewengan karena senantiasa sadar ada pertanggung jawaban dari setiap perbuatan yang dilakukan.Rasululloh SAW bersabda yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi, ”Peliharalah perintah dan larangan Alloh, niscaya kamu akan selalu merasakan kehadiran-Nya.Kenalilah Alloh sewaktu kamu senang, niscaya Alloh akan mengenalimu dalam kesulitan.Ketahuilah, apa yang luput dari kamu adalah sesuatu  yang tidak pasti mengenaimu pasti tidak akan meleset dari kamu.Kemenangan keberhasilan hanya dapat dicapai dengan kesabaran.Kelonggaran bersamaan dengan kesusahan dan datangnya kesulitan bersamaan dengan kemudahan.”

c.Kekayaan dunia tunduk dengan kehinaan : Melakukan sesuatu berdasarkan yang ia yakini, sehingga materi duniawi tidak akan datang padanya dengan penuh kehinaan.Alloh SWT berfirman dalam QS. Al- Baqarah : 200-201, ”Maka diantara manusia ada orang yang berdoa : Ya Tuhan kami berikan kami kebaikan di dunia dan tidaklah baginya kebahagiaan yang menyenangkan di akhirat.Dan diantara mereka ada orang yang berdoa : Ya Tuhan kami berikan kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

3.Akhirat Sebagai Tujuan Hidup

”Ketahuilah, kamu diciptakan untuk akhirat bukan untuk dunia.” (Ali bin Abi Thalib RA )

Orang yang bekerja keras dengan berorientasi pada akhirat maka Alloh SWT akan memuliakannya di dunia dengan banyak anugerah.seperti, bila ia menolong orang lain dengan rezekinya maka Alloh akan menambah barokah pada rezekinya, bila dia memintarkan orang dengan ilmunya maka Alloh akan menambahkan limpahan ilmu kepadanya, bila ia memberikan kemasalahatan dengan kekuasaannya maka Alloh akan menjadikan kerajaan yang besar dan mulia kepadanya di dunia dan di akhirat.

4.Membangun Visi Dan Misi Berorientasi Akhirat

”Ucapan orang beriman adalah nikmat-Nya, diamnya orang tafakur dan visinya adalah pelajaran untuk dia.Jika anda seperti itu, maka anda selamanya akan berada dalam posisi beribadah.” (Fudhail bin ‘Iyadh)

Hubungan yang selalu berkaitan antara sikap dan tujuan diantaranya :

a.Tujuan tanpa adanya sikap positif akan menjadi seorang penghayal yang takkan pernah mewujudkan tujuan-tujuan hidupnya.

b.sikap positif tanpa tujuan hanya akan menjadi orang yang menyenangkan, namun tidak sanggup meraih kemajuan dalam hidupnya.

c.Tujuan yang disertai dengan sikap positif akan memiliki peluang yang sangat besar untuk mewujudkan potensi-potensi yang tidak terbatas.

Adapun visi berorientasi akhirat menurut Ibnul Qayyim Rahimahulloh berkata barang siapa yang memilki cita-cita yang tinggi dan jiwanya memiliki kehusyukan maka dia telah memiliki sumber segala ahlak mulia.Sedangkan orang yang rendah cita-citanya dan hawanafsunya telah melampaui batas artinya dia telah bersifat dengan setiap ahlak yang rendah dan tercela.Sedangkan misi berorientasi akhirat diantaranya :

a.Sebagai hamba Alloh : menjadikan segala aktifitas sebagai ibadah kapada Alloh SWT termasuk dalam berwirausaha.

b.Sebagai khalifah : berkarya seoptimal mungkin demi kesejahteraan diri dan orang lain.

c.Sebgai pendakwah : aktivitas yang kita lakukan harus senantiasa menjadi cerminan pribadi sebagai teladan dalam kebenaran.

Beberapa cara agar visi dan misi berorientasi akhirat menurut Bapak Syahrial Yusuf :

a.Kumpulkan informasi : jadikanlah Al-Qur’an dan Hadits sebagai panduan dalam mencari informasi agar selaras dengan orientasi akhirat.

b.Jangan diam : setelah mendapatkan informasi, lakukan secara terus menerus yang akan membawa pada visi dan misi yang di inginkan.

c.Tingkatkan kemampuan : menambah kecepatan kinerja agar tujuan hidup lebih cepat tercapai.

d.Fokus pada kelebihan yang dimiliki : berkonsentrasi dan lebih mengenali kelebihan yang dimiliki dalam area yang dikuasai dengan baik.

e.Jangan pernah berpikir gagal : memiliki keyakinan kuat atas ide, kemampuan dan diri sendiri.

f.Rencanakan dengan baik : pilih rencana dengan kemampuan dan ketrampilan sendiri demi terciptanya keberhasilan.

g.Disiplinlah dalam ibadah dan tujuan kalian : sholat selain sebagai tiang agama, juga sebagai sarana latihan paling efektif agar dapat disiplin dalam menjalani kehidupan.

h.Evaluasi diri : agendakanlah untuk selalu mengevaluasi semua aktivitas yang telah dilakukan .

5.Syech Maulana Malik Ibrahim

Beliau adalah seorang ulama sekaligus mujahidpreneur asal Turki, pertama mendaratkan kapalnya di desa Laren untuk menyebarkan agama islam, transaksi perdagangan mengobati penduduk yang sakit, dan mendirikan masjid dan pesantren.kemudian beliau meneruskan ke arah timur ke kota Gresik.Untuk lebih lengkapnya klik disini LP3i.ac.id
Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.2
               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I
Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?fref=ts
Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s