Isilah Hati Dan Pikiranmu Dengan Berdzikir

”Amal yang diperbuat anak adam tidak ada yang menyelamatkannya dari adzab Alloh selain dzikir kepada Alloh.” (HR. Ibnu Abu Syaibah dan Thabrani)

1.Makna Berdzikir Mengingat Alloh 

”Permisalan orang yang berdzikir kepada Allohdengan orang yang tidak berdzikir kepada Alloh adalah seperti orang yang hidup dan mati.” (HR. Al- Bukhari)

Pengertian dzikir secara sempit adalah : menyebut nama Alloh dengan lidah atau dengan ucapan seperti mengucap Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil.Sedangkan secara luas adalah : menyadari kehadiran Alloh dimanapun dan kapanpun, kesadaran akan bersama-Nya dengan mahlik, kebersamaan dalam arti pengetahuan-Nya terhadap apapun di alam raya ini serta bantuan pembelaan-Nya terhadap hamba-hamba-Nya yang taat.

2.Mengenal Lebih Dalam 

”Kebaikan itu ada tiga : ucapan, penglihatan, dan diam.Barangsiapa yang ucapannya selain dzikir, maka dia telah melakukan sesuatu yang sia-sia.Barangsiapa yang pandangannya tidak untuk mengambil pelajaran, sesungguhnya dia telah lupa.Dan barangsiapa yang diamnya tidak karena berpikir tentang kebenaran, maka ia telah tenggelam dalam ketidakseriusan.”            (Nabi Isa bin Maryam AS)

Dzikir berdasarkan bentuknya ada dua macam yaitu : 1.dzikir dengan anggota badan seperti dengan ucapan dan gerakan anggota badan, 2.dzikir menggunakan hati.

Sedangkan dzikir berdasarkan jenisnya ada tiga macam yaitu : 1.dzikir dengan mengingat dan memuji nama dan sifat Alloh, mensucikan Alloh dari sesuatu yang tidak layak bagi-Nya, 2.dzikir dengan mengingat perintah ,larangan dan hukum Alloh, 3.dzikir dengan mengingat berbagai nikmat dan kebaikan yang telah Alloh berikan.

3.Manfaat Dari Dzikir Mengingat Alloh

”Hendaklah bicaramu adalah dzikir, diammu adalah berpikir, dan pandanganmu adalah mengambil pelajaran.” (Salman Al- Farisi RA)

Menurut Ibnu Al- Qoyyim Rahimahullah bahwa dzikir memiliki 73 manfaat, 10 manfaat dari 73 manfaat yang ada diantaranya adalah : 

a.Mengusir setan dan menjadikannya kecewa

b.Membuat Alloh SWT ridha

c.Menghilangkan rasa sedih, gelisah dari hati manusia.

d.Membahagiakan dan melapangkan hati

e.Menguatkan hati dan badan

f.Menyinari wajah dan hati

g.Membuka lahan rezeki

h.Melahirkan kecintaan

i.Mengangkat manusia ke maqam ihsan

j.Melahirkan inabah yakni ingin kembali pada Alloh SWT.

4.Abu Bakar Shiddiq RA

Lahir di Mekkah tahun 537 M atau lebih muda dua tahun dari Rasululloh SAW.Merupakan salah satu sahabat utama Rasululloh SAW yang senantiasa mengamalkan sunnah Rasul termasuk dalam berdzikir kepada Alloh SWT.Beliau juga seorang mujahidpreneur yang senang menyedekahkan hartanya dijalan Alloh dan memerdekakan budak-budak dari siksaan majikannya, beberapa budak yang beliau bebaskan antara lain : Bilal bin Rabbah, Abu Fakih, Ammar, Abu Fuhaira, Lubainah, Ummu Ubays, dan Zinnira. ingin tau kisahnya lebih lanjut klik disini LP3i.ac.id

 

 

Sumber : Buku, Anakku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.2

               Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I

 

Facebook : http://www.facebook.com/pages/LP3I-Kampus-Tepat-Cepat-Kerja/261891180543388?fref=ts

Twitter : https://twitter.com/LP3I_PASTI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s