JADILAH MANUSIA PEMBELAJAR

baby-reading-book

”Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim.”(HR. Ibnu Majah)

1. Mengapa Harus Belajar ?

”Barangsiapa mengambil pelajaran, maka ia melihat. Barangsiapa melihat, maka ia paham.Barang siapa paham, maka ia mengetahui.Dan barangsiapa mengetahui, maka ia beramal.”(Al- Hasan)

Pesan seorang ibu kepada anaknya adalah doa dan sekaligus pemacu semangat,berikut adalah pesan ibu kepada DR. Syahrial Yusuf ketika beliau inggin merantau untuk melanjutkan SMA di Bandung :

”Tengah malam, kepergian ananda menyedihkan bunda, dan tidak akan sembuh kalau ananda tak sikses. Untuk sukses butuh pengorbanan.Pesan bunda, banyak ilmu banyak kawan, banyak harta banyak lawan, banyak ilmu kita mulia, banyak harta kita dicerca, banyak ilmu kita dikawal, banyak harta kita jadi pangawal, pangasih adalah kasih Alloh, bakil palit adalah laknat Alloh.Ingat setiap kebahagian butuh pengorbanan.”

Sabda Rasululloh SAW yang diriwayatkan oleh Tsauban : ”Alloh telah mempersiapkan bumi ini untukku, maka akupun melihat wilayah timur dan barat.Sesungguhnya umatku akan dapat memiliki apa yang telah Alloh persiapkan untukku daripadanya.”(HR. At-Tirmidzi)

2. Keutamaan Memiliki Ilmu

”Pelajarilah ilmu, karena mempelajarinya adalah kebaikan, mempercayainya adalah ibadah, dan memberikannya kepada ahlinya adalah qurbah (mendekatkan diri kepada Alloh SWT ). ”(Mu’adz bin Jabal)

IImu lebih baik dari pada harta menurut Ali bin Abi Thalib :

  • Ilmu adalah warisan Nabi, sebaliknya harta adalah warisan fir’aun.Sebagaimana Nabi lebih unggul dari pada fir’aun, maka ilmu lebih unggul daripada harta.
  • Ketika ilmu dibagikan maka ia semakin bertambah, ketika harta dibagikan maka ia berkurang.
  • Engkau akan menjaga hartamu, tapi ilmu akan manjaga dirimu.
  • Manusia yang memiliki banyak harta mempunyai banyak musuh, sedangkan manusia berilmu mempunyai banyak teman.
  • Ilmu menjadikan seseorang bermurah hati, karena pandangannya luas, sedangkan manusia kaya dikarenakan kecintaannya kepada harta menjadikannya sengsara.
  • Ilmu tidak dapat dicuri, tetapi harta terus-menerus terskspos bahaya akan pencurian.
  • Seiring berjalannya waktu, kedalaman dan keluasan ilmu bertambah, sebaliknya timbunan dirham menjadi berkarat.
  • Engkau dapat menyimpan catatan kekayaanmu karena ia terbatas, tetapi enhkau tidak dapat menyimpan catatan ilmumu karena ia tidak terbatas.
  • Ilmu mencerahkan pikiran, sementara harta cenderung menjadikan gelap.
  • Ilmu lebih baik daripada harta karena kerena ilmu menyebabkan Nabi berkata kepada Alloh ”Kami menyembah-Ny sebagaimana kami adalah hamba-hamba-Nya”sementara harta membahayakan, menyebabkan fir’aun dan namrud bersikp congkak dengan menyatakan diri mereka segbagai tuhan.

3. Pentingnya Belajar

”Manusia adalah pengajar dan pelajar.Apa yang selain keduanya adalah hina-dina.”                    (Ali bin Abi Thalib)

Pembelajaran dengan konsep learning by doing adalah program yang meletakan konsep bahwa sebenarnya efektivitas pembelajaran dapat dicapai jika kalian pelajari.Menurut Mu’adz bin Jabal RA mengatakan : ”Prlajarilah ilmu, karena mempelajari ilmu karena Alloh adalah kebaikan dan menuntut ilmu adalah ibadah.Pengkajiannya adalah yasbih, penyidikannya terhadap ilmu adalah jihad, pengajarannya adalah sedekah, pemberi kepada ahlinya adalah pendekatan diri kepada Alloh, ilmu adalah penghibur dikala kesepian, teman diwaktu sendirian, petunjuk dikala senang dab susuah, ia adalah pembantu dan teman yang baik dan penerang jalan ke surga.”

Berikut adalah daftar penemuan umat islam yang masih berguna sampai sekarang,diantaranya :

  • Operasi Bedah : Sekitar tahun 1000 seorang dokter Al- Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasikan tentang oprasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai refrensi medis selama lebih dari 500 tahun.
  • Kopi : Pertama kali dibuat di Yaman sekitar abad ke-9 yang menjaga kaum sufi dalam menjaga ibadah larut malam.
  • Mesin Terbang : Abbas bin Firnas adalah orang yang pertama kali mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya pada abad ke-9.
  • Universitas : Pada tahun 859 masehi, putri muda bernama Fatimah Al- Firhi mendirikan sebuah universitas tingkat pertama di Fez Maroko.
  • Optik : Sekitar tahun 1000, Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata, mengacuhkan teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri.
  • Musik : Lute dan Rahab sebagai nenek moyang biola adalah instrumen musik yang nadir ke eropa.Skala notasi musik modern juga berasal dari alfabet Arab.
  • Sikat Gigi : Nabi Muhammad SAW mempopulerkan sikat gigi pada tahun 600, menggunakan ranting pohon Miswak, untuk membersihkan gigi dan menyegarkan nafas.
  • Engkol : Banyak dasar sistem otomatis modern pertama kali berasal dari dunia muslim, termasuk pemutar yang menghubungkan sistem.Teknologi ini ditemukan oleh Al- Jazari pada abad ke-12.
  • Penemuan Sabun : Sejak abad ke-7M umat muslim telah mengembangkan sebuah gaya hidup higienis yang mutahir.Menurut Ahmad Y Al- Hassan dalam buku yang berjudul Technology Transfer In The Chemical Industries, kota-kota islam seperti Nablus (Palestina), Kufah (Irak), telah menjadi pusat industri sabun.
  • Robot : seorang ilmuan bernama Al- Jazari pada tahun 1206 menciptakan sebuah mesin yang bisa bergerak-gerak menggunakan tenaga air berbentuk manusia.
  • Rumus Grafiti Universal : teori oleh newton (principia,1687) dianggap sebagai salah satu puncak tertinggi dari seluruh eskulasi kecerdasan spesies manusia.Padahal, ilmuan bernama Muhammad Ibn Musa di abad 9 sudah menciptakan hipotesis akan  adanya suatu daya tarik raksasa dalam pergerakan benda-benda luar angkasa.
  • Angka 0, 1-9 : Pertama kali di perkenalkan oleh ilmuan islam yang bernama Al- Khawarizmi yang juga menciptakan sistem perhitungan al-jabar, yang menjadi inti pemecah masalah dan sistem sebuah komputer.
  • Kamera Obscura : Pertama kali di temuka oleh al-Haitham dengan nama qamara pada abad ke 10M.

4. Malariantika Yulianggi

Pengusaha muda kelahiran 1 Juili 1990 asal Trenggalek, bergerak di bidang pangan dengan produknya Shoyu Pia Cake yakni kue pia berbahan dasar ubi jalar ungu dengan omset 7 sampai 11 juta perbulan.Mahasiswa angkatan 2008 Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang ini juga merupakan salah satu nominator 25 Asi’s Best Young Entrepreneur 2009 versi majalah BusinessWeek.

Sumber : Buku, Anaku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.1

                       Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE. Pendiri LP3I.

WEB : www.lp3i.ac.id

Akun twitter : @LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s