SEKILAS UJIAN NASIONAL 2013 DAN TRIK MENGHADAPINYA

Ujian Nasional Tahun 2013 sepertinya tetap berjalan sebagaimana mestinya. Meski banyak pihak yang menentang atas berlangsungnya ujian nasional sejak 2 tahun lalu. Kemendikbud pun telah mengeluarkan Surat Keputusan terkait kisi-kisi ujian nasional dari tingkat sekolah dasar hingga menengah dan atas sejak beberapa pekan lalu. Tentu ini lebih cepat dari jadwal tahun-tahun sebelumnya yang keluar di bulan Desember. Walaupun saat ini masih menunggu keputusan POS UN Tahun 2013 yang belum rampung dibahas.

Ada beberapa hal yang ditunggu dalam POS UN tersebut diantaranya adalah rencana kemendikbud menggunakan 20 variasi soal, kenaikan standard kelulusan UN SMA/K, dan penggunaan nilai UN SMA sebagai dasar lulus seleksi perguruan tinggi negeri.

Rencana 20 variasi soal dimaksudkan oleh kemendikbud untuk meningkatkan konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal UN. Fakta dilapangan, kemendikbud menemukan banyak siswa yang terganggu karena gangguan antarsiswa di dalam kelas. Tidak secara spesifik mengatakan “contek – menyontek” tapi digunakan kata curang atau gangguan. Variasi soal itu akan menjadi jawaban atas permasalahan yang muncul setiap tahun itu, serta me-nol-kan tingkat kebocoran soal UN dari tingkat pusat hingga tingkat satuan pendidikan. Apalagi soal UN akan diacak secara random dan penulis soal pun tidak mengetahui pasti soal yang dibuatnya akan dikeluarkan di daerah mana.

Tanggapan pun bermunculan atas rencana tersebut. Ada yang mengatakan bahwa itu sama saja mengatakan bahwa siswa Indonesia sebagian besar melakukan tindakan curang saat ujian nasional berlangsung. Ada pula yang pesimis variasi soal itu dapat mengikis tindakan curang yang dilakukan oleh oknum dalam membocorkan soal dan menyebarkan kunci jawaban. Ada juga masyarakat yang mempermasalahkan tentang tingkat kesulitan soal yang digunakan kemendikbud hingga tipe C5.

Sebenarnya semua itu tidak perlu lagi dikhawatirkan oleh masyarakat jika kemendikbud dapat memastikan jalannya proses Ujian Nasional 2013 lancar dan tidak ada kesalahan teknis di lapangan. Semua peluang kran kebocoran segera diantisipasi dengan melakukan tindakan preventif karena peluang kebocoran itu ada di setiap tingkat satuan pendidikan. Masyarakat juga tidak perlu takut dengan Ujian Nasional apalagi menjadi momok menakutkan yang dapat membuat masa depan putra-putrinya suram.

LP3I Course Center memiliki trik dan tips menghadapi Ujian Nasional 2013 mendatang. Di antaranya adalah Program Intensif Ujian Nasional. Bapak/Ibu dan adik-adik sekalian dapat memanfaatkan program ini dengan maksimal dalam menghadapi UN mendatang. Program ini merupakan program Jaminan Uang Kembali 100% jika tidak lulus UN sehingga bagi orangtua akan memberikan rasa aman. Bagi siswa juga mendapatkan secercah cahaya yang dapat membimbing mereka mendapatkan masa depan gemilang dengan lulus UN 2013 dan memasuki sekolah favorit.

Dengan sistem belajar kami yang telah teruji telah mengantarkan 100% siswa kami lulus UN setiap tahunnya, juga dilengkapi dengan Try Out UN yang prediktif sesuai kisi-kisi UN 2013. Belajar tanpa fasilitas tentu kurang maksimal maka kami memiliki fasilitas terlengkap, seminar motivasi dan kegiatan ekstra lainnya guna mendukung keberhasilan di UN 2013. Ayo gabung ke Program Intensif Ujian Nasional sekarang juga!! Cuma gabung disini, sekolah favoritmu dapat diraih.

Selamat belajar, dan hadapi UN 2013 dengan senyuman.
Ganbatte….!!!!!

Catatan :
Bagi para siswa dan pengajar LP3I Course Center dapat meminta kisi-kisi ujian nasional tahun 2013 kepada Kepala Cabang masing-masing yang sudah bisa di-upload melalui BMS.

Sumber : LCC.ac.id

Sumber : www.lp3i.ac.id

Akun twitter : @LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s