APA MODAL YANG KITA MILIKI?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pribadi yang sukses adalah pribadi yang mengenal, mengoptimalkan potensi, jati diri secara terus menerus dengan penuh kepercayaan dan keyakinan yang kuat.Kemudian orang tersebut mendayagunakan potensinya sehingga bermanfaat baik untuk keluarga, tetangga maupun anggota masyarakat lain, dan lingkungannya.Nilai kemanfaatannya ialah yang disebut sukses. (Syahrial Yusuf )

Sekecil apapun modal yang dimiliki harus digunakan dengan bisa memberikan manfaat yang sebaik-baiknya dan disertai dengan ahlak mulia, insya Alloh usaha yang kalian buka pun akan selalu mendapatkan ridho dan keberkahan dari Alloh SWT.

1. Uang Bukanlah Segalanya

”Barang siapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, pasti kami berikan ( balasan ) penuh atas pekerjaan meruka di dunia dan mereka di dunia tidak akan di rugikan.Itulah orang-orang yang tidak memperoleh ( sesuatu ) di akhirat kecuali neraka, dan sia-sialah disana apa yang mereka usahakan (di dunia) dan terhapuslah apa yang telah mereka kerjakan”. (QS Huud : 14-15)

Menurut Bapak Syahrial Yusuf, Menjadi seorang pengusaha tidak harus memiliki uang sebagai modal awal, tetapi sebuah kemauan, keyakinan, siap mengambil resiko, mampu memecahkan masalah, selalu berpositif dan fokus, insya Alloh kesuksesan akan datang menghampiri kita.Hal ini juga di bemerkan oleh beberapa pengusaha kelas dunia, di antaranya :

  1. Ray Kroc : Pemilik Mc.Donalds, mengatakan jika anda bekerja hanya untuk uang, anda tidak akan sukses, tetapi jika anda mencintai apa yang anda kerjakan dan selalu mengutamakan kepentingan pelanggan, kesuksesan akan ada di tangan anda.
  2. John D. Rockefeller : Pendiri Standard Oil, mengatakan orang termiskin yang aku ketahui adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa kecuali uang.
  3. P.T Barnum : Pendiri Sirkus Barnum & Bailey, mengatakan uang merupakan hamba yang sangat baik, tetapi tuan yang sangat buruk.
  4. Norman VincenT Peala :  Penulis terkenal, mengatakan kantong-kantong kosong tidak pernah menghalangi seseorang.Hanya kepala kosong dan hati kosong yang dapat melakukannya.

Kalaupun membutuhkan modal sebagai pembuka usaha, sesungguhnya ada beberapa sumber modal uang yang dapat kalian garap di antaranya :

  1. Tabungan (merupakan modal yang paling aman digunakan),
  2. Pinjaman (apapun bentuknya akan memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan tabungan),
  3. Investor (carilah partner sebagai investor dengan menawarkan keuntungan dengan tingkat resiko yang rendah),
  4. Kerjasama (carilah kerjasama dengan konsep bagi hasil seperti dengan Bank Syariah dengan program Mudarabah atau kredit bagi hasil).

2. Apa Sesungguhnya Modal Kita ?

”Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kau bersedih hati, padahal kamu orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (QS.Ali ‘Imraan : 139)

Tiga jenis modal utama sebagai syarat yang harus dimiliki seseorang bila ingin menjadi pengusaha :

Sumber daya internal (modal intangible), merupakan bagian dalam diri pribadi pengusaha seperti kepintaran, ketrampilan, kemampuan menganalisa dan menghitung resiko, keberanian atau visi jauh kedepan.Adapun ciri-ciri dorongan intangible adalah:

  1. Memiliki dorongan batin yang kuat untuk maju (personal drive),
  2. Memiliki fokus yang tajam tentang apa yang dilakukannya dan kemana ia akan membawa usahanya(focus),
  3. Memiliki kemampuan yang kuat untuk berinovasi (produk sistem, cara, metode, servic), 
  4. Memiliki sikap mental ”saya bisa” (the i can mental attitude) dalam menghadapi persoalan yang datang seperti tamu tak diundang,
  5. Memiliki kemandirian dalam mengambil keputusan (berdasarkan pengetahuan, pengalaman, skill, intuisi, dan akal sehatnya),
  6. Memiliki kemampuan untuk ”tampil beda” atau memunculkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki (kreatif).

Sumber daya eksternal (modal tangible), seperti uang yang cukup untuk membiayai modal usaha dan modal kerja, sosial network dan jujur demand/supply.

Faktor X, misalnya kesempatan dan keberuntungan.

3. Kepribadian Seorang Pengusaha

”Ketika engkau di sore hari, jangan tunggu sampai esok hari.Dan ketika engkau di pagi hari, jangan tunggu sampai sore hari”. (Ibnu Umar)

Memurut buku tua yang berjudul ”The Enterpresing Man”katya David G. Moore dan Orvis Colins tahun 1964, kepribadian seorang pengusaha di bentuk oleh pengalaman-pengalaman masa kecilnya.ciri-ciri seorang pengusaha adalah mengenai kepribadian dan perilaku wirausaha itu sendiri, dismping lingkungan yang mendukungnya, juga tugas-tugas yang diemban oleh seorang pengusaha dan karir yang bisa dicapainya.

4. Asahlah Mental Kalian

”Orang paling aku sayangi adalah dia yang menunjukan kesalahanku”. ( Umar bin Khaththab RA )

Berikut adalah ciri-ciri mentah yang dimiliki oleh seorang mujahidpreneur yang dapat dibangun :

  1. Percaya diri : memiliki kepribadian yang mantap, tidak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain dan memiliki optimisme yang tinggi atas keputusan yang diambilnya.
  2. Berorientasi pada tugas dan hasil : memiliki tekad yang kuat dalam bekerja, mendahulukan hasil kerja atau prestasi serta tidak malu atau gengsi dalam melakukan pekerjaan.
  3. Berani mengambil resiko : tidak takut menjalani pekerjaan dengan resiko besar selama ia memperhitungkannya akan berhasil mengatasi resiko itu.
  4. Kepemimpinan yang baik : dapat menyesuaikan diri dengan organisasi yang di pimpinnya, berpikiran terbuka dengan mau mendengar kritik dan saran dari bawahannya, bersifat responsif terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
  5. Orisinalitas : tidak mau mengekor pada keberhasilan orang lain tapi justru menemukan sesuatu yang beru, krestif, inovatif, mampu mewujudkan ide-ide yang muncul.
  6. Berorientasi kemasa depan (memiliki visi mas depan) : tahu bagaimana mengembangkan usahanya dimasa depan agar kontinuitasnya tetap terjaga.
  7. Memiliki keteguhan dan keyakinan : guna mengatasi kegagalan yang sewaktu-waktu terjadi seperti kemunduran, kegagalan atau bangkrut.
  8. Disiplin pribadi : sebagai kunci keberhasilan seorang mujahidpreneur, keinginan yang kuat akan mendorong diri untuk membayar harga kesuksesan,melakukan apa yang tidak disukai seseorang.
  9. Pekerja keras : waktu kerjanya tidak mau ditentuka oleh jam.
  10. Mampu menahan nafsu untuk cepat menjadi kaya : hemat dan hati-hati dalam menggunakan uangnya terutama padatahap awal usahanya.
  11. Daya tahan tinggi : kemampuan bertahan dengan mental yang kuat pada saat sedang terjatuh  dalam usahanya.
  12. Jarang mengeluh : tidak pernah mengeluh pada saat sedang terjatuh dan gagal karena setiap kegagalan adalah kesempatan untuk belajar mengatasi masalah itu sendiri sehingga tidak akan terulang dikemudian hari.
  13. Berpikir positif setiap saat : tidak pernah berpikir negatif terhadap diri sendiri, usahanya, orang lain, apalagi terhadap Alloh SWT.
  14. Senang melayani dan memberi : tidak pernah sombong dengan apa yang dimiliki karena semua adalah titipan Alloh SWT untuk dikelola dengan baik.

5. Victor Giovan Raihan

Pengusaha muda yang memulai bisnisnya sejak ia dibangku SMA. Ia mendirikan bisnis dibidang minuman yang diberi nama Teh Kempot, memiliki 10 outlet yang dikelola sendiri dan 17 outlet dikelola oleh mitranya yang berada di Jakarta, Palembang, dan kota-kota di Malang.Selain itu ia juga mempunyai bisnis dibidang makanan yaitu Bakso Mercon dengan 5 outlet di kota Malang dengan jumlah total karyawan sebanyak 50 orang.Untuk lebih jelasnya klik disini LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Anaku Maukah Kau Jadi Pengusaha ? Seri.1                                            

                     Karya : DR. H. Muhammad Syahrial, SE.   Pendiri LP3I

Page Facebook : LP3I Kampus Tepat & Cepat Kerja

Akun Twitter : @LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s