LANGKAH PASTI RAIH PRESTASI MEMBANGUN NEGERI

33818087

Latar belakang

”Semangat Membangun Bangsa”bahwa LP3I adalah instusi pendidikan yang sangat peduli dengan masa depan anak negri yang akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan bangsa indonesia.Dimana LP3I terus berperan membawa anak bangsa lepas dari jeratan pengangguran melalui pendidikan life skills yang revolusioner dengan memakai kurikulum, disiplin, metodepengajaran, pengajar praktisi yang berbasis riil dunia kerja.

1.Fase Membangun (1989-1991)

a.Dari Sebuah Tekad

Dalam catatan M. Syahrial Yusuf, sang tokoh pendiri LP3I ada dua alasan yang melatar belakangi berdirinya lembaga pendidikan LP3I.Alasan pertama, ingin mengaplikasikan teori-teori yang telah ia temukan dalam skripsinya tentang fenomena pengangguran di indonesia beserta penanggulangannya.Alasan kedua, ia ingin menjadi pengusaha.

Pada tahun pertama berdirinya LP3I, belum ada yang istimewa saat itu.Lalu, Syahrial membuat promosi dengan harga dan jaminan kualitas yang menarik.Kalau hanya menangani kursus bahasa inggris, akuntansi, dan komputer saja, sulit bagi LP3I bertahan karena saingan lembaga pendidikan yang sudah menjamur.Untuk itu ia mempunyai kiat khusus untuk membesarkan LP3I.

b.Keberhasilan Mengatasi Hambatan Pada Awal Bangun Usaha

Bukan perkara mudah mengajak orang untuk berinvestasi di bidang pendidikan, dengan dana yang dibutuhkan sekitar 200 juta rupiah.Saya sudah menawarkan proposal ke beberapa orang, baru orang ketujuh lah yang bersedia.Beliau adalahBapak Alex Arifin, pada tahun 1988 dan beliau mundur sebagai pemegang saham pada tahun 1999.

Pada tahun 1989 lembaga pendidikan LP3I resmi berdiri.Dengan pengalaman menjadi general manager di koprasi Mahasiswa Unpad, ia sudah terbiasa memenej paakarjaan sendiri.Saat itu telah berdiri 300 lembaga pendidikan di jakarta yang menjadi saingannya.Adapun enam hal yang dimiliki beliau dalam mengadapi hambatan di antaranya ; Kemauan dan keyakinan yang kuat, memiliki pengalaman sukses, baik dari diri sendiri maupun orang lain, menguasai jenis usaha yang akan dijalani, memiliki cukup banyak relasi, memiliki modal dana baik dari diri sendiri pinjaman personal ataupun bank, mempunyai integrasi yang baik seperti jujur,percaya diri dan optimis serta tidak mudah putus asa.Etos kerja yang keras juga menjadi modal dari M.Syahrial sebagai founder LP3I dalam menghadapi hambatan.

c.Mulai Berada Pada Trek Yang Tepat

Visi LP3I : Menjadi lembaga pendidikan dan ketrampilan nomer satu terbaik di indonesia.Dan di kembangkan menjadi lembaga pandidikan yang terus menerus menyelaraskan kualitas pendidikannya dengan kebutuhan dunia kerja dalam pembentukan sumber daya manusia yang profesional, beriman, dan berytaqwa.

misi LP3I :

a.Mencetak sumber daya manusia yang siap kerja dengan kamampuan yang terampil dan profesional.

b.Membentuk kepribadian sumber daya manusia yang memiliki jiwa dan kemampuan berwirausaha.

c.Membentuk sumber daya manusia yang berbudi luhur.

d.Membangun jaringan kemitraan denga dunia usaha dan industri esrta asosiasi profesi di dalam dan luar negri.

e.Memiliki networking melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

f.Menjadi lembaga pendidikan terbaik dan kualitas berstandar internasional.

g.Memiliki jaringan di dalam dan luar negri.

h.Menjadi lembaga pendidikan yang di percaya dan bermanfaat bagi masyarakat

i.Memberikan kesejahteraan dan rasa aman bagi kariyawan dan keluarganya.

2.Fase Bertumbuh (1991-2005 )

a.Saat Yang Tepat Membuka Cabang-Cabang

Model pendidikan LP3I telah banyak melahirkan lulusan yang berkualitas, siap kerja, dan memiliki daya saing di dunia kerja dengan basis Link & Match.Sehingga 95% lulusan hasil didikan LP3I begitu lulus langsung bisa dapat bekerja di perusahaan.Karena melihat animo masyarakat yang begitu besar, maka munculah ide untuk membuka cabang LP3I di berbagai kota dan kabupaten dengan model kerjasama dan waralaba.

Walaupun pada tahun 1997-1999 indonesia sedanmg mengalami krisis ekonomi dan moneter, justru pada era ini LP3I mampu membuka cabang hingga 20 cabang yang tersebar di jabodetabek dan kota-kota besar di indonesia. Hingga saat ini telah mencapai 48 cabang LP3I Business College dan 100 cabang LCC.

b.LP3I Lahirkan Perguruan Tinggi Berbasis Vokasi

Pada awal tahun 2000 LP3I mengusulkan pendirian perguruan tinggi vocational kepada mentri pendidikan nasional melalui direktorat pendidikan tinggi.Ahirnya LP3I mendapat izin dalam mendirikan 3 politeknik di antaranya : Politeknik LP3I Bandung (2003), Politeknik LP3I Jakarta (2003), dan Politeknik LP3I Medan (2004).

c.Lompatan Kerjasama Membangkitkan Perguruan Tinggi

Terjun pada pendidikan tinggi membuat masyarakat dan pemerintah semakin percaya dengan STIAMI dan dipercaya menyandang gerakan program Diploma III dan Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi (S2/M.Si).Demikian juga dengan kehadiran STIA sebagai kembaran dari STIAMI.

Tahun 2007, LP3I mendapatkan kepercayaan untuk mengambil alih kelola dan kepemilikan Universitas Azzahra, yang berdiri pada tahun 1995 dengan rektor pertama Prof. Dr. Baharudin Lopa, SH (Alm) yang kemudian di gantikan oleh Dr. KH. Tarmizi Taher. MD.Setelah melalui proses terdaftar pada tahun 1997-1998, pada tahun 2000 seluruh fakultas telah terakreditasi oleh BAN-PT.Pada tahun 2004, Universitas Azzahra mendirikan Program Pascasarjana dengan Program Studi Magister Perbankan dan Keuangan Syari’ah.yang mendapatkan Surat Keputusan Pembentukan Program Studi dari Departemen Agama, Direktur Jendral Pendidikan Islam pada tanggal 18 Agustus 2004, yang beralamat di Jl. Jatinegara Barat No.144, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

3.Fase Bertumbuh (2005-sekarang)

a.Kelahiran Cabang-Cabang LCC

Kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap bimbingan belajar dalam satu dasawarsa ini semakin meningkat, sehingga mendorong LP3I mendirikan LCC atau LP3I Course Center.Dalam kurun waktu yang tidak lama LCC telah berkembang hingga 100 cabang.

b.Kepakan Sayap LP3I Business College

LP3I BC telah merambah secara nasional, telah ribuan alumni LP3I yang telah berkontribusi dan berkarya di berbagai perusahaan maupun berwirausaha.Bersamaan dengan berkembangnya LP3I BC yang semakin melebarkan sayapnya, Bapak Fahmi Idris bergabung di LP3I sebagai Komisaris Aktif pada tahun 2010.

c.Pelan Tapi Pasti, LP3I Merajut Kekuatan

Peningkatan mutu pendidikan di lakuakan dengan mengubah subsistem manusia dan teknologi yang meliputi :mahasiswa yang di didik, dosen sebagai pendidik dan pengajar, sarana dan prasarana.

d.Perlunya Semangat Baru Hadapi Perubahan

Lima pilar utama dalam mengelola lembaga pendidikan, di antaranya : kejelian dalam melihat model pendidikan yang tepat, keunikan dalam mengelola lembaga pendidikan menejemen harus dapat memotret jauh-jauh hari betapa lembaga pendidikan merupakan pusat keunggulan, melakukan ekspansi baik penambahan modal ataupun program, leadership  yang baik dalam mengelola lembaga pendidikan dan menjadi panutan bagi jajaran civitas akademika termasuk mahasiswanya, transparansi dangood govereance

Berkaitan dengan pengembangan wirausahawan muda, Bapak M. Syahrial sebagai founder LP3I telah membentuk Rumah Entrepreneur dan LP3I Entrepreneur Center, juga mendirikan SEQ (Spiritual Entrepreneur Quotient) Center dan Lembaga Insan Sempurna.

4.LP3I Group

a.LP3I College

Banyaknya pengangguran sarjana bukan cerita era tahun 2000 saja tapi gejala ini muncul mulai dari 20 an tahun sebelumnya, ternyata masih ada sekelompok generasi muda berpikiran maju yang di motori oleh M. Syahrial Yusuf yang merasa bahwa masih ada kesenjabgan antara pendidikan dengan dunia kerja yang harus segera di antisipasi.

Atas dasar itulah LP3I di dirikan pertama kali pada tanggal 29 Maret 1989 dengan kampus pertama terdapat di Pasar Minggu-Jakarta Selatan.Kini dengan kampus LP3I yang tersebar di 48 lokasi di seluruh indonesia kiprahnya makin diakui masyarakat luas dan dari dunia pendidikan dari dalam dan luar negrimelalui kerja sama transfer kredit dan konfersi mata kuliah.

Grafik perkembangan jumlah mahasiswa LP3I dari tahun 1990-2011 mengalami kenaikan yang sangat pesat, jumlah tertinggi terjadi pada tahun 2010 yaitu sebanyak 12,176 siswa.Sedangkan grafik perkembangan penempatan kerja alumni LP3I dari tahun 1990-2011 juga mengalami kenaikan dangan tingkat tertinggi terjadi pada tahun 2011 sabanyak 4.403 tempat, sehingga mendapatkan penghargaan dari Rekor MURI sebagai Lembaga Pendidikan dan Penempatan Kerja terbanyak di indonesia.Untuk lebih jelasnya klik disini ya ? LP3i.ac.id

Sumber : Buku, Langkah Pasti Raih Prestasi Membangun Negri

                     Karya : Dr. H. M. Syahrial Yusuf, SE, MM.

WEB : www.lp3i.ac.id

Akun twitter : @LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s