MENGAPA HARUS JADI PENGUSAHA?

business-entrepreneur

”Tidaklah seorang Rasul pun di utus Alloh kecuali ia bekerja sebagai penggembala domba.Para sahabat bertanya, bagaimana dengan dirimu, wahai Rasululloh ? Beliau menjawab, Ya ? aku dulu menggembala domba di lapangan untuk penduduk Makkah”.(HR. Al-Bukhari)

Mengilhami dari sebuah kisah masa muda Rasululloh SAW, untuk kita renungkan dan mengambil hikmah darinya.pada saat beliau berumur 12tahun beliau sudah memiliki aktivitas untuk menjaga kehormatan harga dirinya agar tidak menjadi beban bagi kehidupan ekonomi pamannya yang memang tidak tergolong kaya.Beliau sudah mengikuti perjalanan dagang sampai ke Syiria bersama Abu Thalib sekaligus belajar berbisnis langsung dari pamannya itu.Ciri khas yang nampak pada diri seorang Rasululloh adalah sifatnya yang jujur dan amanah dalam memegang janji serta dikenal selalu melakukan pekerjaannya dengan sepenuh hati dan tekun.Ketika berbicara dengan seseorang, beliau selalu memutar tubuhnya dan menghadapkan wajahnya dengan penuh serta ketika menjabat tangan, beliau tak pernah lebih dulu menarik tangannya.Tak heran jika banyak orang senang dengan beliau dan bila berbisnis,mereka selalu menyatakan kepuasannya.

1.Apa Itu Pengusaha ?

Seluruh proses perubahan ekonomi akhirnya tergantung pada pribadi perilakunya yaitu entrepreneur / pengusaha. (Joseph Schumter)

Pengertian pengusaha bisa kita simpulkan melalui beberapa pendapat, sebagai berikut :

A.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Pengusaha berarti kegiatan dengan mengeluarkan tenaga, pikiran, dan badan untuk suatu maksud mencari untung.

B.Kamus Manajemen LPPM : Pengusaha berarti seorang yang mampu memulai dan atau menjalankan usaha.

C.Dari beberapa ahli pengusaha berarti

1.Joseph Schumter : orang yang melihat adanya peluang, kemudian menciptakan organisasi untuk memanfaatkan peluang itu.

2.Geoffray G. Meredith : orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber tang di buthkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses.

3.Howard H.Stevenson : suatu pola tingkah laku manajerial terpadu dengan melakukan upaya pemanfaatan peluang-peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang di milikinya.

2.Manfaat Menjadi Pengusaha

Pekerjaan terbaik adalah usahanya seseorang dengan tangannya sendiri dan semua jual-beli itu baik. (HR. Ahmad, Al-Baihaqi)

Berdasarkan pengalaman Bapak DR. H. Muhammad Syahrial, SE manfaat menjadi pengusaha diantaranya adalah :

a.Mampu membentuk masa depan lewat apa yang akan dikerjakan di perusahaan sendiri.

b.Menjadi mandiri secara finensial

c.Mampu mengatur kehidupan dengan lebih bebas

d.Bisa lebih bebas dalam berkreasi

e.Mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan bukan menjadi pencari kerja

f.Mampu berbuat nyata bagi bangsa dan negara

g.Mampu lebih banyak bersedekah dan membantu orang-orang miskin yang masih banyak disekitar kita.

3.Pentingnya Menjadi Pengusaha

Bagaimana mungkin kalian menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal kalian sendiri tidak mengubah kebiasaan diri sendiri.(Ibnu Athailah)

Potensi luar biasa besarnya telah diberikan oleh Alloh SWT kepada kita sebagai bangsa indonesia di antaranya :

a.Indonesia merupakan eksportir gas alam cair terbesar di dunia.

b.Indonesia merupakan eksportir minyak mentah terbesar di kawasan asia pasifik.

c.Ikan di laut indonesia diperkirakan mencapai 6,2 juta ton dan merupakan 25% dari spesies ikan di dunia.

d.Indonesia memiliki 10% hutan tropis dunia yang masih ada.

Saat ini hanya untuk memenuhi kuota 2% saja, indonesia masih membutuhkan minimal empat juta orang pengusaha.Itu lah salah satu alasan mengapa kita semua dituntut untuk menjadi pengusaha sekaligus peluang dan tantangan kita di masa depan.Dengan menjadi pengusaha, selain tidak menjadi beban bagi pihak manapun, kita juga akan turut serta membangun indonesia menjadi lebih maju dan mendorong penciptaan lapangan pekerjaan.

4.Jangan Jadi Pengusaha Biasa

Pengusaha muslim itu ikhlas, tidak memikirkan harta dan tidak memikirkan penghargaan di dunia.Yakinlah pengusaha muslim pasti di tolong Alloh SWT, berperilaku sesuai pemahamannya, semakin baik pemahamannya, semakin baik pula tindakannya.(H.M.Syahrial Yusuf)

Seorang pengusaha harus memiliki tujuan yang lebih tinggi dan tidak hanya berorintasi pada profit saja.karena karya terbaik akan menghasilkan kompensasi bagi mereka.Berikut contoh pengusaha sukses, di antaranya :

a.Larry Page dan Sergey Brin :merupakan duo pendiri google yang membuat oarang lebih mudah menemukan apapun yang di cari dengan gratis.

b.Mark Zuckerberg :adalah pendiri facebook yang dapat menjadi jembatan persahabatan dan hubungan antar manusia dalam dunia modern yang serba terbatas ruang dan waktu.

c.Bram Cohen :adalah penemu bit torrent yang membuat kita bisa menikmati berbagai file lewat software semacam limewire atau vuse.

Sebagai pengusaha muslim kita juga harus bisa mengobarkan semangat jihad untuk membangkitkan kembali kejayaan kerajaan islam lewat jalur wirausaha.seperti yang telah di lakukan oleh para Mujahidpreneur pendahulu kita yang telah memberikan contoh yang sangat baik untuk kita ikuti :

a.Rasululloh SAW sebelum beliau diangkat menjadi nabi adalah seorang pedagang

b.Para pedagang merupakan salah satu golongan yang pertama kali mengakui kebenaran islam

c.Agama islam masuk ke negeri ini melalui jalur perdagangan lewat mujahidpreneur arab

d.KH.Hasyim Asy’ari pendiri nahdatul ulama dan KH.Ahmad Dahlan pendiri muhammadiyah selain ulama mereka juga seorang mujahidpreneur yang ulet.

5.Elang Gumilang

Ia merupakan pengusaha muda yang berhasil menjadi juara pertama di ajang lomba wirausaha muda yang di adakan oleh suatu bankpada tahun 2010, sekaligus seorang pengusaha properti yang sukses.Saat ini omset yang ia miliki tak kurang dari 20 miliar per tahun.Belum lagi kontrak pre periodik terbarunya menambah Rp 80 miliar sampai Rp 100 miliar ke bisnisnya.

Sumber : DR. H. Muhammad Syahrial, SE

Sumber : www.lp3i.ac.id

Akun twitter : @LP3I_PASTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s