BEKERJA SAMBIL KULIAH? MUNGKINKAH?

Image
Lulus SMA bingung mau kemana? Kuliah? Biaya tidak ada. Kerja? Belum punya cukup pengalaman. Kalau kuliah sambil kerja? Apa mungkin?
Keputusan untuk kerja sambil kuliah sebenarnya sebuah keputusan yang sangat beresiko. Tidak mudah membagi konsentrasi. Apalagi jika kalian baru lulus dari SMA. Untuk bekerja sambil kuliah harus dimulai salah satunya terlebih dahulu. Tidak bisa langsung untuk menjalani keduanya.
Tapi bagi yang ingin mencoba menjalaninya, ada beberapa tips yang bisa membantu kalian dalam menjalani kerja sambil kuliah tersebut. Berikut tipsnya:
  1. Pintar-pintar memakai ilmu switch on dan switch off konsentrasi. Membagi waktu dan konsentrasi antara pekerjaan kantor dan kuliah memang sulit. Di satu sisi, otak yang sedang panas mengerjakan pekerjaan kantor dari pagi hingga sore, mendadak harus cepat berpindah fokus ke kuliah dan menerima pelajaran baru dari dosen. Jadi kalian harus siap membagi konsentrasi kalian dengan baik untuk keduanya.
  2. Tetap Semangat dan Berpikir positif. Yakinlah bahwa kalian bisa melakukan dua hal tersebut dengan baik dan seimbang tanpa mengorbankan salah satunya. Belajar memanage waktu agar bisa mengontrol segala kegiatan tersebut dengan baik. Kalau kalian benar-benar niat saat memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, maka kalian sudah siap dengan konsekuensi yang ada.
  3. Manfaatkan waktu yang ada. Gunakan waktu kosong sepulang kerja, sesaat sebelum kuliah, untuk belajar. Manfaatkan waktu untuk belajar di mobil saat selesai dari tugas kantor atau saat diperjalanan. Jangan pernah belajar saat sedang bekerja karena kalian tidak akan fokus mengerjakan pekerjaan kantor kalian.
  4. Pilih pekerjaan yang tidak terikat. Jika kalian memang harus bekerja, cobalah untuk memilih pekerjaan yang tidak terikat. Seperti menjadi freelancer, atau bisa juga dengan sistem shift. Kemudian cari tempat kuliah yang dapat menyesuaikan dengan waktu kerja kalian. Sekarang ini banyak kampus-kampus yang menerapkan sistem perkuliahan karyawan.
  5. Tentukan prioritas. Jika perkuliahan sedang berjalan biasa, utamakan pekerjaan kantor. Tapi, jika waktunya ujian, kalian bisa meminta dispensasi kepada atasan tentang pekerjaan kalian.
Bekerja sambil kuliah itu tidak sulit asalkan kalian bisa mengatur waktunya dan bersungguh-sungguh menjalaninya. Semoga tips tersebut bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s