IMPIAN-IMPIAN MAHASISWA

Image
Sebagian mahasiswa hidup tanpa impian. Kuliah hanya sekadar kuliah. Bagi yang tak punya impian, kehidupannya tampak menyenangkan, tak ada masalah sama sekali. Pergi kuliah tanpa persiapan, pulang kuliah pun tanpa beban. Semua berjalan begitu enteng, tanpa ada apa-apa.
Sebagian mahasiswa yang lain memiliki impian akan mendapatkan jodoh seperti kisah Cinderella. Mereka berharap dapat menemukan pangeran yang sudi mencintai dirinya melalui sepatu yang tertonggal. Bagi pria, mereka ingin menemukan putri yang ditemani peri penuh mukjizat yang mau jadi pasangannya dengan satu kali pertemuan.
Sebagian yang lain kuliah dengan tujuan yang labil. Mereka mungkin punya idealisme tertentu untuk menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa, agama, dan orang tua. Namun, karena tujuannya terlalu lebar, mereka jadi kerepotan menentukan apa yang harus dilakukannya dan mana kegiatan ekstra yang harus dimasukinya. Akhirnya, ia mendaftar menjadi anggota semua ekskul sehingga semua waktunya habis untuk mengunjungi semua kegiatan ekskul itu.
Sebagian kecil ada juga yang kuliah dengan tujuan atau mimpi yang begitu kuat. Mereka memiliki tujuan yang jelas dan karenanya menempuh perjalanan kuliah dengan cara-cara yang efekif dan efisien. Namun ditengah mahasiswa lain yang lebih banyak tanpa tujuan, yang sebagian kecil ini bisa saja terbawa arus.
Tanpa impian yang jelas, kamu akan seperti Zombie (mayat hidup). Maka sebaiknya kamu segera merumuskan impian secara jelas. Dengan impian tertentu, kamu tahu apa yang mesti kamu perjuangkan.
Impian adalah awal dari segalanya. Semua yang kita miliki bermula dari mimpi, dari keinginan. Maka bermimpilah, rumuskan mana keinginanmu yang paling kuat. Biar kamu tambah yakin dalam merumuskan mimpi, berikut ini adalah uraian mengenai beberapa manfaat mimpi.
  • Impian memberi kita arah. Pernahkah ada orang sukses yang tidak didahului oleh mimpi dan keinginan? Tidak pernah. Kita semua membutuhkan sesuatu yang akan kita tuju. Apa yang kita tuju, itulah impian. Impian dengan demikian dapat berfungsi sebagai kompas. Ia memberi kita arah ke mana kita akan melangkah. Melalui impian itu, kita bisa melangkah dan mengukur seberapa jauh kemajuan yang telah kita capai, atau seberapa mundur kita dari impian itu. Tanpa impian, apa yang kita tuju itu mustahil bisa bergerak.
  • Impian meningkatkan potensi. Setelah melangkah dituntun oleh impian, kamu pun akan dikondisikan untuk meningkatkan potensi-potensi yang dapat mendukung tujuan itu. Mulanya, mungkin kamu tidak begitu berani melewati tempat gelap. Namun karena ada keinginan kuat untuk sampai di ujung sana, kamu mengumpulkan keberanian untuk melewati tempat gelap itu. Bila kamu berhasil, satu potensimu telah muncul, yaitu berani. Bila kamu merasa tak memiliki potensi apa-apa, cobalah membuat sebuah impian. Melalui mimpi itu, kamu akan terdorong untuk melatih apa pun yang mungkin kamu miliki (walaupun sebenarnya tidak ada seorangpun yangtanpa potensi). Semuanya sama ciptaan Tuhan yang Maha Adil. Jadi, pastilah pada semuanya diberikan potensi untuk menjadi seorang manusia yang hebat.
  • Impian membantu kita menentukan prioritas. Melalui mimpi yang kuat, kamu bisa menentukan pilihan kamu. Jadi, bila kamu begitu plinplan, gampang menyerah pada keadan; itu menandakan bahwa kamu benar-benar hidup tanpa mimpi.
  • Impian itu meramalkan masa depan. Impian yang kamu upayakan dengan sangat sungguh-sungguh, niscaya akan menyusun masa depanmu. Masa depan kamu memang bergantung pada mimpi yang kamu perjuangkan. Tanpa mimpi, kamu tak akan bisa bergerak. Ini berarti, kamu akan menetap pada masa sekarang. Padahal waktu terus berubah. Baiklah bila kamu kebingungan menangkap makna mimpi, akan diperjelas. Mimpi adalah keinginan yang kuat, niat yang menjadikan dasar dari tidakan, atau tindakan yang terarah. Niat sendiri dalam bahasa latin adalah intention atau melenturkan diri menuju. Kamu ada di sini dan ingin menuju masa depan yang kamu tuju, itulah mimpi.

Kamu harus mencoba merumuskan niatmu kuliah. Pertanyaan untuk kamu adalah mau dilenturkan ke mana dirimu saat ini? Kamulah yang memilih dan menentukan, apakah kamu mau menjadi seseorang yang berharga di masa depan atau tidak menjadi apa-apa?

Biasanya, mimpi dihadang oleh pikiran kemustahilan. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu! Tak ada yang tak mungkin bagi orang yang berusaha. Ketidakmungkinan adalah perampok impian.
Cara membuat impian sangatlah sederhana. Gunakanlah imajinasimu, lalu bayangkanlah dirimu pada lima tahun kedepan. Dari bayangan masa depan itu, kembalilah ke masa sekarang. Lalu tentukan apa yang perlu dan ingin kamu lakukan agar mampu mencapai masa depan yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s