TIPS MEMILIH TEMPAT KULIAH YANG BERKUALITAS

Image

Lulus SMA? Bingung mau kemana? Kerja, kuliah, atau kedua-duanya? Untuk siswa SMA tingkat akhir, kebingungan semacam ini pasti sering kali terjadi. Mereka bingung menentukan akan kemana mereka setelah mereka lulus. Ingin bekerja, tapi di jaman globalisasi seperti saat ini tuntutan di dunia kerja sangatlah tinggi. Sangat jarang syarat suatu pekerjaan yang masih tersedia untuk mereka yang berlatar belakanng pendidikan sekolah menengah, kalau pun ada biasanya hanya untuk pekerjaan yang bersifat kasar dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Sedangkan jika mereka ingin kuliah, kadang mereka terbentur dengan biaya pendidikan yang sangat tinggi.
Jadi gimana dong?
Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih tempat kuliah yang berkualitas :
  1. Lulusan dijamin kerja. Pilih perguruan tinggi yang lulusannya dijamin kerja. Lihat profil dan keberhasilan output-nya. Perguruan tinggi yang baik, selain unggul dalam proses, juga unggul pada hasilnya. Keberhasilan alumninya dapat diukur dari lulusan yang sudah diterima di banyak perusahaan besar yang menjanjikan.
  2. Kurikulum sesuai dunia kerja. Pilih perguruan tinggi yang menggunakan kurikulum ‘Link and Match’, terpadu dan tepat yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Metode yang menerjunkan langsung mahasiswanya untuk mengaplikasikan ilmu di bangku kuliah ke dalam dunia kerja nyata ini digunakan agar lulusannya nanti tidak gagap teori dan praktek ketika mulai bekerja.
  3. Standar lulusan berkualitas. Pilih perguruan tinggi yang standar kelulusannya diakui oleh banyak instansi dan badan usaha. Biasanya, lulusan yang memiliki sikap kerja yang memahami dan menghayati nilai-nilai moral, tuntutan mutu yang tinggi dan keunggulan dalam keahlian kerja, serta memiliki kemampuan konseptual disamping keahlian teknikal yang banyak dilihat oleh perusahaan.
  4. Kerjasama dengan banyak instansi atau perusahaan. Perguruan tinggi yang menjamin lulusannya bekerja, pastinya memiliki jalinan kerjasama dengan banyak perusahaan. Pilihlah perguruan tinggi yang sangat inovatif serta menjadi pelopor penempatan kerja bagi lulusannya yang terus menjalin kemitraan dengan berbsgsi instansi atau perusahaan, baik skala nasional maupun internasional.
  5. Biaya pendidikan yang fleksibel. Biaya pendidikan yang tinggi biasanya menjadi kendala ketika seseorang ingin melanjutkan kuliah. Pilihlah perguruan tinggi yang biaya pendidikannya fleksibel. Selain menyediakan banyak beasiswa bagi yang berprestasi, juga memberikan alternatif pembayaran cicilan setelah lulusannya bekerja sehingga tidak menyulitkan.
  6. Memiliki visi dan misi yang jelas. Visi dan misi perguruan tinggi yang baik pastinya jelas, terukur dan realistis. Perguruan tinggi yang memiliki pengalaman dalam dunia pendidikan serta dalam penempatan kerja para lulusannya biasanya selalu menyelaraskan kualitas pendidikannya dengan kebutuhan dunia kerja dalam pembentukan Sumber Daya Manusia yang profesional, terampil, berbudi luhur, serta memiliki sikap yang baik.
Jadi, selain harus berkualitas pilihlah tempat kuliah yang nantinya bisa bantu penempatan kerjanya. Perguruan tinggi seperti itulah yang akan mengantar kalian menuju masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s